youngster.id - Situasi bisnis tengah lesu ditengah suasana pandemic Covid-19. Namun para pelaku bisnis tidak menyerah dan berusaha membangun strategi baru untuk memanfaatkan suasana pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini. Seperti yang dilakukan platform social commerce Chilibeli.
Untuk menjawab berbagai tantangan logistik dalam memasok produk pesanan mitra dan sahabat Chilibeli secara cepat, tanggap, berkesinambungan dan terpadu, Chilibeli menggencarkan strategi akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial. Langkah ini berhasil menjaring ratusan mitra baru.
Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications, Chilibeli mengungkapkan, manajemen dengan sigap memperkuat jaringan Mitra dan Sahabat di Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan, serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru di Surabaya, guna mendorong penjualan pasokan lebih tersebut.
“Dengan adanya PSBB, maka kegiatan komunitas pun tertunda. Oleh karena itu, Chilibeli menggencarkan strategi akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial, sehingga berhasil menjaring ratusan Mitra baru. Strategi baru tersebut memampukan perusahaan untuk mencapai lebih banyak Mitra dibandingkan sebelumnya, dengan puluhan Mitra baru pada batch perdana dari kota Surabaya,” ungkap Yumir Yumir dalam video conference, Kamis (14/5/2020).
Tantangan lain yang dihadapai Chilibeli adalah penutupan akses mandiri ke berbagai pemukiman Mitra sehingga pesanan terlantar. Tantangan ini dipecahkan dengan memperbarui aplikasi dan situs Chilibeli.id, dimana sekarang produk pesanan Sahabat dapat langsung diantarkan ke rumah Sahabat yang akses perumahannya tidak ditutup.
Yumir menegaskan, setelah PSBB selesai dan Chilibeli dapat beroperasi kembali seperti semula, ada beberapa rencana usaha yang menjadi prioritas perusahaan, yaitu perbaikan mutu rantai pasok, pengelolaan logistik, ketanggapan tim, serta terus mendorong pengalaman pengguna aplikasi Chilibeli agar semakin cerdas dan intuitif.
“Berdasarkan beberapa studi yang kami terima, kami melihat bahwa akan adanya perubahan perilaku konsumen untuk menjadikan gaya belanja online sebagai salah satu pilihan berbelanja efisien dan efektif. Terutama bagi konsumen sibuk dengan berbagai peran di dalam rumah tangga – mereka akan mempertimbangkan dan melirik gaya belanja online sebagai sebuah solusi cerdas dalam kesibukan hidup mereka,” tutup Yumir.
STEVY WIDIA
Discussion about this post