youngster.id - Dompet digital DANA berkomitmen untuk terus membantu UMKM dan masyarakat bertransformasi digital di tahun depan. Startup fintech dompet digital ini akan menggandeng lebih banyak UMKM serta meningkatkan layanan dan memperlebar kerja sama guna mendukung UMKM dan masyarakat Indonesia.
CEO DANA, Vincent Iswara mengatakan, DANA yakin dengan mendorong adopsi ekosistem pembayaran digital di tingkat UMKM menjadi salah satu metode paling efektif untuk mendorong digitalisasi di sektor perekonomian ini sekaligus mewujudkan cashless society di Indonesia.
“Akan makin banyak layanan-layanan yang bermacam-macam yang berbasis teknologi, juga untuk membantu masyarakat Indonesia beralih ke masyarakat cashless society,” ujar Vincent dalam Dana Market Overview 2020 belum lama ini.
Sepanjang 2020, DANA telah melakukan sejumlah roadshow ke Banyuwangi, Lombok dan Minahasa Utara untuk membantu UMKM terhubung dengan ekosistem digital lewat fitur DANA Bisnis. Hingga saat ini, sudah 200.000 UMKM yang menjadi pengguna DANA Bisnis.
Percepatan digitalisasi UMKM ini sekaligus memperluas penggunaan QRIS di antara pelaku UMKM. Berkat salah satu upaya tersebut, DANA sukses meraih penghargaan dalam ajang Bank Indonesia Award 2020 sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan implementasi QRIS terbaik. DANA masuk dalam kategori PJSP dengan program QRIS untuk merchant terbaik non-bank. Penganugerahan ini diberikan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020.
DANA juga aktif berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Mulai dari menjadi mitra pembayaran untuk layanan Apple di Indonesia, layanan streaming musik Spotify hingga menjadi dompet digital pertama yang menjadi mitra untuk program referral TikTok di Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna TikTok menarik hadiah referral langsung ke saldo DANA mereka.
Yang terbaru DANA bekerja sama dengan platform investasi Pluang menghadirkan fitur DANA eMAS. Lalu berkolaborasi dengan PasarPolis agar masyarakat bisa membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan dengan mudah dan terjangkau.
Vincent menegaskan, tahun depan mereka tidak hanya akan menambah jumlah partnership dari kalangan UKM dan sejumlah merchant ternama namun aspek keamanan dan inovasi masih menjadi fokus di tahun depan.
“Tahun 2021 fokus kami juga mengedepankan bagaimana makin meningkatkan keamanan dari pengguna-pengguna DANA. Kami juga kita akan meningkatkan inovasi-inovasi layanan yang lainnya, dan juga produk untuk pengguna serta kapasitas dan kompetensi dari karyawan DANA yang semua itu adalah dari Indonesia,” tambahnya.
Vincent juga mengakui, situasi pandemi telah berkontribusi terhadap pertumbuhan adopsi pembayaran digital. DANA mencatat peningkatan transaksi hingga lebih 50% dengan jumlah transaksi harian mecapai tiga juta per hari selama periode enam bulan belakangan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post