youngster.id - Kehadiran pelaku UMKM di Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dengan hadirnya mereka di dunia usaha kehadirannya turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Menindaklanjuti hal itu, DHL Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik turut mendukung para pelaku UMKM di Indonesia agar lebih dikenal produknya di dunia internasional.
“Untuk mendorong perkembangan UMKM di Indonesia. Alasan yang dimiliki DHL pertama karena melihat banyaknya potensi yang bisa diangkat dari Indonesia, salah satunya dengan hadirnya para pelaku UMKM di Indonesia itu sendiri. Sebagai contoh karya craft atau kerajinan tangan yang mereka buat sangat bagus dan mumpuni hasilnya dan terbukti dari beberapa pengalaman yang kami dapat selama ini banyak produk mereka yang begitu disukai oleh masyarakat Eropa,” kata Ahmad Mohamad Senior, Technical Advisor untuk DHL Express Indonesia pada media Kamis (7/6/2018) di Jakarta.
Ahmad menjelaskan, dengan jaringan global di lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia, DHL adalah perusahaan paling internasional di dunia dan dapat menawarkan solusi untuk kebutuhan logistik apa pun. Dengan demikian, edukasi yang secara langsung diberikan pihal DHL ini bisa dimanfaatkan dengan baik baik olehnpara pelaku UMKM di Indonesia.
“Dengan link yang kami miliki saat ini. Beberapa upaya telah kami lakukan sebaik mungkin kepada pelaku umkm itu sendiri dalam bentuk edukasi. Misalnya, di Bali kami melihat pertumbuhan bisnis umkm disana cukup baik. Melihat potensi itu akhirnya kami mencoba untuk mengajarkan mereka bagaimana nantinya mereka bisa memasarkan produk dalam skala besar, bagaimana cara packaging yang baik serta kami selalu mengarahkan mereka supaya para pelaku ukm tersebut bisa memiliki sertifikasi terhadap produk mereka sendiri agar tidak mudah ditiru oleh yang lain sehingga produk mereka mudah dikenal oleh masyarakat international kalau produk tersebut adalah buatan Indonesia,” papar Ahmad.
Menurutnya, tak hanya memberikan dukungan dalam edukasi. Ahmad Mohamad mengaku dari kegiatan yang dilakukan ini, pihak DHL turut memberikan kemudahan lain salah satunya yaitu : memberikan biaya logistik murah kepada pelaku UMKM di Indonesia yang tentunya diberikan DHL dengan tujuan demi kemajuan para pelaku UMKM di Indonesia supaya bisa semakin berkembang dalam memajukkan bisnisnya.
“Bagi kami, dalam bisnis bukan saja bicara keuntungan semata. Tetapi juga ada manfaat yang bisa diberikan kepada orang lain. Jadi Tselain edukasi yang tadi kami berikan tadi. Kami juga memberikan harga yang terbaik dan murah kepada para pelaku UMKM ketika menggunakan logistik DHL ini. Disini kami berikan diskon untuk mempermudah kelangsungan bisnis mereka,” pungkasnya.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 59,7 juta. Adapun sektor industri UMKM ini memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post