DHL Hadirkan Gudang Pusat Logistik Berikat di Medan

Peresmian Pusat Logistik Berikat (PLB) DHL di Medan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - DHL Global Forwarding, penyedia jasa angkutan udara, laut dan darat internasional terkemuka bersama penyedia logistik lokal PT. Samudera Raya Berjaya telah membuka Pusat Logistik Berikat (PLB) seluas 11.000 meter persegi di Medan.

“PLB memiliki peran penting dalam strategi Indonesia untuk mengurangi hambatan historis terhadap perdagangan lintas batas yang masih menyulitkan banyak bisnis di Indonesia. Di beberapa PLB kami, terlihat adanya penurunan dan hambatan dalam biaya demurrage secara signifikan. Bahkan para pelanggan dapat memiliki akses penambahan nilai seperti pelabelan dan perakitan sambil menunggu pemeriksaan pabean setempat,” kata Vincent Yong, Presiden Direktur, DHL Global Forwarding Indonesia dalam keterangannya, Jumat (21/6/2019) di Jakarta.

Menurut dia, dengan memanfaatkan keahlian DHL Global Forwarding yang luas dalam pergudangan berikat dan kepabeanan di Indonesia dan wilayah Asia Pasifik menjadikan pengelolaan penyimpanan barang-barang di PLB akan taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.

“Pengalaman kami sebelumnya yang telah mendirikan PLB di daerah lain di Indonesia memberikan banyak masukan terhadap pengembangan PLB Medan, dimulai dari proses izin pengoperasian awal hingga mengoptimalkan prosedur pergudangan dan inspeksi untuk pengalaman penyimpanan serta  kepabeanan yang mudah,” tambahnya.

Baca juga :   Mister Aladin Gelar Travel Carnival Untuk Pikat Traveler Milenial

DHL Global Forwarding telah mengoperasikan PLB bekerjasama dengan mitra di lima lokasi lain di seluruh Indonesia, melayani berbagai industri mulai dari otomotif dan manufaktur hingga minyak dan energi, serta tekstil.

“Fasilitas baru ini akan menjadi PLB kedua yang dibuka di Medan, mempermudah bisnis dan memanfaatkan strategi pemerintah untuk perdagangan yang lebih bebas dan lebih luas,” kata Hartono, Direktur, PT. Samudera Raya Berjaya.

Di dalam fasilitas baru ini, DHL akan mengelola proses manajemen alur masuk dan keluar barang, serta inventaris, didukung oleh peralatan dari PT. Samudera Raya Berjaya termasuk palet tangan dan forklift listrik. PLB beroperasi di bawah pengawasan CCTV 24 jam untuk keamanan tambahan, dengan sistem manajemen pergudangan DHL yang mengatur semua barang yang disimpan serta pergerakan barang lanjutan hingga ke titik pengiriman terakhir.

“Kami memulai pengembangan PLB baru ini bekerjasama dengan DHL Global Forwarding berdasarkan meningkatnya permintaan dari importir dan eksportir lokal yang tidak terpenuhi oleh infrastruktur yang ada, dan kami melihat peluang besar bagi para pelanggan kami untuk meningkatkan keuntungan mereka dan memperkuat keuangan dengan menggunakan tempat penyimpanan yang terorganisir dengan baik,” tambahnya.

Baca juga :   Dukung Desainer Muda Indonesia, MatahariMall.com Gelar Kompetisi Fashion

Menurut dia, dengan ini bisnis lokal juga akan memiliki fleksibilitas untuk mengelola pengiriman ekspor mereka dan transhipment melalui PLB dan memungkinkan mereka untuk mendirikan sebuah pusat logistik regional di Indonesia daripada lokasi lain untuk mencapai efisiensi biaya.

STEVY WIDIA