Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Digital Marketing Promosi Pariwisata Saat Ini

8 September 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Digital Marketing Promosi Pariwisata Saat Ini

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto : Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Strategi promosi melalui digital marketing merupakan langkah penting untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Gaya hidup masyarakat yang bergerak cepat dan bersentuhan langsung dengan internet, menyebabkan model promosi itu relevan untuk diterapkan.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat membuka seminar TripAdvisor Insight Forum, A Workshop for Digital For Destinations Selasa (6/9/2016) di Jakarta.

“Pengaruh digital marketing itu sangat besar. Indonesia harus mempromosikan pariwisatanya menggunakan digital marketing. Tren yang ada saat ini mengkondisikan para pelaku industri pariwisata untuk melakukan pemasaran melalui digital marketing. Gaya hidup masyarakat yang bergerak cepat dan bersentuhan langsung dengan internet, menyebabkan model promosi itu relevan diaplikasikan baik destinasi wisata maupun pengelola akomodasi pariwisata untuk melakukan pencitraan yang baik,” kata Menpar pada pembukaan seminar yang diadakan Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan TripAdvisor di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta.

Baca juga :   Indonesia Modest Fashion Week 2017 Padukan 3 Produk Kreatif

Menurut Arief, salah satu upaya meraih 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019 dan promosi pariwisata Indonesia, pihaknya melakukan program “Wonderful Indonesia” pada sejumlah portal berita termasuk TripAdvisor. Hal ini merupakan salah satu cara dalam penguatan pemasaran wisata Indonesia melalui saluran digital atau dunia maya yang bersifat tanpa batas dan dapat menjangkau berbagai belahan dunia.

“Sekitar 70 % media digital tersebut memiliki andil besar bagi penyebaran informasi suatu destinasi wisata maupun akomodasi wisata kepada wisatawan. Sedangkan dari 100 %, jumlah transaksi atau yang melakukan eksekusi langsung sekitar 30 % menggunakan digital, sisanya masih banyak dilakukan dengan cara manual,” kata ungkapnya.

Terdapat 10 destinasi yang menjadi unggulan Kementerian Pariwisata dalam Promosi potensi pariwisata tanah air yaitu (1) Greater Jakarta, (2) Greater Bali, (3) Greater Batam, (4) Medan, (5) Bandung, (6) Joglosemar, Yogyakarta, Solo, dan Semarang, (7) Bayuwangi, (8) Lombok, (9) Makassar dan (10) Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat.

Baca juga :   Bukalapak Targetkan 8 Juta UKM Go Digital

Sementara itu Head of Destination Marketing APAC- TripAdvisor Sarah Mathews dan Founder and Managing Director of E-Tourism Frontiers Damian Cook membahas pemasaran digital. Hal itu meliputi strategi dalam melakukan pemasaran lewat dunia digital, mengenal pembuatan campaign untuk pemasaran pariwisata, dan crisis management. Selain itu bagaimana memilih konten dan eksperimen dalam melakukan pemasaran, mengelola komunitas digital untuk destinasi, hingga menciptakan strategi digital yang berkesinambungan bagi destinasi pariwisata.

“Dunia digital dapat menjadi media tanpa batas dalam memasarkan promosi pariwisata Indonesia, oleh karena itu diperlukan langkah yang baik untuk mengelolanya serta trik yang tepat sehingga informasi yang diinginkan dapat disampaikan dengan baik dan dapat mendorong wisatawan untuk melakukan perjalanan nyata ke Indonesia sehingga mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara,” ucap Sarah.

Baca juga :   Usai Pendanaan Canva Kini Sandang Status Decacorn

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh TripAdvisor, tren global dalam berwisata harus menjadi perhatian bagi para pelaku industri wisata di Indonesia.

“Pengalaman merupakan kata kunci dari apa yang diinginkan para wisatawan dalam perjalanan mereka. Mereka tertarik untuk melakukan eksplorasi, merasakan, dan bahkan melakukan bagaimana aktivitas serta kebudayaan lokal di daerah tersebut,” kata Sarah.

STEVY WIDIA

Tags: digital marketingKementerian PariwisataMenteri Pariwisata Arief Yahya
Previous Post

Telkomsel Perluas Segmen Muda

Next Post

Dukung Digitalisasi UKM, Telkom Luncurkan Aplikasi New ZAPA

Related Posts

Creators Lab, Bekali Mahasiswa Strategi Pemasarn Digital dan Afiliasi
Headline

Creators Lab, Bekali Mahasiswa Strategi Pemasarn Digital dan Afiliasi

17 Juni 2025
0
digital marketing
Headline

Integrasi Kanal Digital dan Offline, Kunci Keberhasilan Digital Marketing

3 Mei 2025
0
Amartha
Headline

Perlu Kolaborasi Lintas Sektor untuk Tingkatkan Daya Saing UMKM Indonesia

3 Maret 2025
0
Load More
Next Post
Dukung Digitalisasi UKM, Telkom Luncurkan Aplikasi New ZAPA

Dukung Digitalisasi UKM, Telkom Luncurkan Aplikasi New ZAPA

Citi Priority, Prioritaskan Pengusaha Muda

Citi Priority, Prioritaskan Pengusaha Muda

Technopreneur Muda IWIC Diajak Berpartisipasi di Tech In Asia Conference 2016

Technopreneur Muda IWIC Diajak Berpartisipasi di Tech In Asia Conference 2016

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version