youngster.id - Menurut data Digital Report 2020 dari Hootsuite, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17%. Dari jumlah 175,4 juta pengguna internet di Indonesia, terdapat lebih dari 80% yang melakukan streaming musik, dan 99% yang menonton konten video online.
Hal ini menunjukan digitalisasi serta kolaborasi antara industri musik dan platform digital bakal menjadi masa depan industri pertunjukan musik di Indonesia. Koalisi Seni Indonesia pun mengatakan di bulan Maret 2020, terdapat sekitar 40 konser, tur, serta festival musik yang dibatalkan atau ditunda.
“Bahwa pandemi ini tidak akan mengubah wajah industri pertunjukan musik sepenuhnya, tapi justru membuat para pelakunya banyak mencoba berbagai hal baru yang memungkinkan penyelarasan dengan dunia digital dan tentunya tetap harus sejalan dengan protokol yang ditetapkan pemerintah,” Kiki Ucup, Strategic Planner Demajors dan Program Director Synchronize Festival saat jumpa pers bertajuk Inovasi Dunia Pertunjukan Musik di New Normal pada Kamis (9/7/2020).
Dalam diskusi dipaparkan, menurut World Economic Forum, industri musik global memiliki dua jalur keuntungan utama. Pertama melalui pertunjukan live atau offline yang menghasilkan 50% dari total keuntungan dan berasal dari jumlah penjualan tiket. Sementara kedua dari rekaman, yang termasuk pendapatan dari streaming, digital download, penjualan album fisik, dan pendapatan sinkronisasi (lisensi musik untuk games, TV, dan iklan).
Menurut Armand Maulana, vokalis grup band GIGI, jika merujuk pada konser virtual dan kolaborasi dengan platform digital pun akhirnya menjadi opsi dan juga peluang baru. Digital platform menjadi sarana baru yang banyak digunakan musisi untuk terhubung dengan para penikmat musiknya, sekaligus menjadi saluran bagi mereka untuk berkarya.
“Kami harus beradaptasi agar industri musik ini tetap bisa berjalan, tapi dengan tetap mentaati protokol yang harus dijalankan. Inovasi menjadi suatu keharusan agar musisi bisa survive,” ujarnya.
Sementara itu, pengamat musik Bens Leo menambahkan bahwa digitalisasi dan inovasi menjadi suatu keharusan yang akan dialami oleh industri musik dan juga pertunjukan musik.
“Pandemi ini di sisi lain juga menghasilkan banyak inovasi baru, seperti konser musik virtual “Konser 7 Ruang” yang dimeriahkan banyak penyanyi ternama, ada juga lagu “Lathi” dari grup Weird Genius yang diproduksi di tengah pandemi dan mendapatkan banyak views di platform digital. Justru di tengah kondisi ini para pemain industri musik semakin tertantang untuk lebih kreatif dan inovatif,” kata pengamat musik.
Shelly Tantri, Senior Business Development Manager, BaBe mengungkapkan, selaku platform digital untuk beragam konten, menyambut baik potensi kolaborasi antara aplikasi dengan pelaku industri pertunjukan musik.
“Mendukung kemajuan industri kreatif, termasuk dunia musik, menjadi salah satu dari fokus kami. Sebagai platform digital, kami berharap dapat menjadi sarana bagi pelaku industri kreatif untuk menjangkau masyarakat dengan lebih luas, dan menjadi platform untuk merangkul komunitas,” kata Shelly.
FAHRUL ANWAR