youngster.id - Sebagai upaya untuk menaikkan jumlah kunjungan dan pengalaman yang lebih baik kepada wisatawan, Kagungan Dalem Museum Wahanarata Keraton Yogyakarta melakukan beberapa inovasi berbasis teknologi.
Adanya penerapan teknologi ini merupakan kali pertama dilakukan pada museum-museum di lingkungan Keraton Yogyakarta. Selain menghadirkan teknologi, Museum Wahanarata juga menampilkan berbagai wahana menarik guna meningkatkan daya tarik museum yang ramah keluarga.
“Budaya adalah salah satu fondasi peradaban, yang semakin relevan jika didukung dengan kreasi kultural. Budaya tersebut pada akhirnya tidak sekadar hiburan belaka, tetapi bagian dari integral peradaban dengan melihat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tanpa mengesampingkan peran manusia dan kemanusiaan. Perkawinan antara koleksi kereta pusaka dengan teknologi di Wahanarata ini rasanya menjawab kebutuhan integral peradaban tersebut,” ujar Sri Sultan Hamengku Buwono X, dikutip Selasa (25/7/2023).
Teknologi yang ditampilkan di Museum Wahanarata antara lain ada di wahana Augmented Reality Photo Booth, Catch & Run Games, dan Come To Life. Wahana Augmented Reality Photo Booth menghadirkan wahana foto bersama 3D avatar pekatik dan kuda yang menggemaskan secara virtual dan bisa diisi hingga 3-5 pengunjung.
Pengunjung dapat berfoto dengan melambaikan tangan ke arah motion capture dan hasil foto dapat diambil langsung dengan cara memindai qrcode yang ditampilkan dalam layar booth. Tak hanya hasil foto berbentuk fisik, pengunjung juga bisa membagikan hasil foto ke akun sosial media.
Tak kalah seru, wahana Catch & Run Games menghadirkan dua jenis permainan balapan dan mengambil makanan kuda yang bisa dimainkan oleh dua pemain dengan cara menggerakkan tubuh ke kanan kiri dan melompat yang ditangkap motion capture di dinding. Wahana ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman dan pengenalan terhadap hewan kuda yang erat kaitannya dengan nilai historikal kereta yang menjadi identitas utama Museum Wanaharata ini.
Pengalaman lain yang bisa dilakukan adalah mewarnai kertas bergambar pekatik dan kuda yang lebih hidup yang dihadirkan di wahana Come To Life yang dapat meningkatkan kreativitas anak-anak. Di sini, anak-anak disajikan kertas bergambar pekatik dan kuda yang lebih hidup dalam bentuk 3D avatar. Dipindai pada alat khusus, karakter tersebut akan muncul dalam bentuk 3D avatar yang berada di layar dinding sesuai dengan hasil karya mewarnai dari anak-anak.
Dalam mengembangkan inovasinya, Museum Wahanarata berkolaborasi dengan PT Vilabs Teknologi Indonesia (VILABS), sebagai mitra teknologi.
“Sebagai perusahaan startup asli Yogyakarta, VILABS merasa bangga atas kesempatan yang diberikan pihak Keraton Yogyakarta untuk mengembangkan teknologi Virtual Experience di Museum Wahanarata. Penerapan Virtual Experience bertujuan menaikkan jumlah kunjungan dan pengalaman yang lebih baik bagi para wisatawan ke museum serta dalam rangka bagian dari transformasi digital museum. Kami berharap museum menjadi ruang rekreasi keluarga dan belajar bagi anak-anak secara menyenangkan,” ujar Managing Director VILABS (vilabs.id) Ambar Setyawan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post