youngster.id - Perusahaan penyedia produk sekuriti digital PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk membukukan laba konsolidasi Rp253,668 miliar, atau kenaikan laba sebesar 12% YoY sepanjang tahun 2024. Dari sisi penjualan, Perusahaan membukukan Rp2,11 triliun, mengalami penurunan tipis sebesar 7,8% dibandingkan tahun sebelumnya.
Direktur Utama Jasuindo, Allan Wibisono Oei mengatakan bahwa penurunan ini bukan disebabkan oleh turunnya volume penjualan, melainkan karena penurunan harga jual seiring dengan normalisasi harga bahan baku utama, seperti chip.
Menurutnya, meskipun terjadi penurunan penjualan, Jasuindo tetap berhasil mencatat pertumbuhan laba dua digit. Hal ini didorong oleh langkah efisiensi yang diterapkan secara konsisten di seluruh lini bisnis, termasuk optimalisasi dana kas, pengelolaan modal kerja dan lindung nilai valuta asing, serta strategi penjualan yang berfokus pada produk-produk dengan margin tinggi, yang turut memperkuat kinerja laba secara keseluruhan.
“Keberhasilan kebijakan efisiensi Perusahaan serta kuatnya permintaan atas solusi percetakan, baik untuk produk sekuriti dan komersial, memungkinkan kami untuk mencatatkan pertumbuhan kinerja,” ucap Allan, Jum’at (11/4/2025).
Penyumbang utama terhadap angka penjualan Jasuindo datang dari segmen sekuritas, dengan kontribusi sebesar Rp1,88 triliun. Hal ini lumrah karena segmen sekuritas meliputi produk kartu identitas dan kartu pembayaran yang merupakan bukti penting di setiap elemen masyarakat. Jasuindo E melayani seluruh rangkaian produk identitas seperti kartu identitas (KTP), paspor, dan sebagainya sampai paspor yang diproduksi dengan teknologi canggih dengan fitur keamanan tinggi.
Sementara untuk kartu pembayaran, berkat pesatnya perkembangan industri keuangan dan perbankan, penggunaan kartu pembayaran juga meningkat. Jasuindo menyediakan solusi dokumen keamanan tinggi seperti cek, kartu, bank, termasuk OTP dan kartu biometrik.
Jasuindo juga melayani perlindungan merek agar terhindar dari penipuan dan pemalsuan dengan menyediakan layanan hologram; kemasan, voucher, kupon dengan fitur keamanan; materai pajak; dan label. Selain itu, untuk memperluas segmen bisnis, Perusahaan juga melayani percetakan komersial sesuai dengan kebutuhan pelanggan seperti kartu hadiah (gift card), kupon pelanggan, kalender, dan lainnya. Segmen non sekuritas ini memberikan penjualan hingga Rp234,88 miliar di tahun 2024
Di pasar domestik, Jasuindo mencatatkan total penjualan sebesar Rp1,73 triliun. Selain melayani pasar domestik, Jasuindo juga melakukan ekspor produk komponen paspor ke berbagai negara di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Di pasar ekspor, pada tahun 2024 Jasuindo berhasil membukukan penjualan Rp382,43 miliar. (*AMBS)
Discussion about this post