youngster.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menyebut ekonomi kreatif berkontribusi sebesar 7,8% terhadap ekonomi nasional tahun 2022. Kategori fashion, kuliner dan kriya bahkan berpotensi menyumbang hingga 20% terhadap ekonomi kreatif global.
Hal ini mendorong Tokpedia kembali menghadirkan Tokopedia Fashion Week 2023. Program ini mendorong kemajuan brand fashion lokal.
Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo mengatakan, Tokopedia Fashion Week tahun ini memfasilitasi sejumlah brand fashion lokal untuk berkolaborasi dengan influencer dan menghasilkan produk eksklusif, yang hanya bisa didapatkan melalui Tokopedia.
“Selain memberikan panggung lebih luas bagi brand fashion lokal, Tokopedia Fashion Week juga berupaya mengakomodasi tingginya tren belanja online masyarakat akan produk fesyen.
Karena menurut data internal kami, fashion adalah salah satu kategori produk yang paling diburu masyarakat Indonesia lewat Tokopedia pada semester I 2023,” kata Aldhy dalam jumpa pers, Rabu (5/7/2023) di Jakarta.
Tokopedia Fashion Week 2023 akan hadir hingga 16 Juli 2023. Tokopedia Fashion Week 2023 memfasilitasi sejumlah brand fashion lokal, antara lain Jolie Clothing, SARE studio, KAMI, INPACA, Callie Cotton dan SAVA Shoes, untuk berkolaborasi dengan influencer dan menghasilkan koleksi eksklusif.
“Melalui Tokopedia Fashion Week 2023, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk fesyen terkurasi–baik fashion wanita, fashion muslim, modest wear dan fashion pria–khususnya dari brand fashion lokal yang hanya tersedia di Tokopedia,” kata Aldhy lagi.
Masyarakat juga bisa lebih hemat belanja online produk fesyen di Tokopedia Fashion Week 2023 karena ada flash sale mulai dari Rp7.000, diskon hingga 99% serta berbagai penawaran menarik lainnya.
Pemilik SARE studio, Putri Andamdewi mengapresiasi upaya Tokopedia yang mendukung brand fashion lokal. “Berkat kampanye Tokopedia, transaksi SARE studio bisa naik hingga 50% dibandingkan rata-rata bulanan,” ujarnya.
Pada Tokopedia Fashion Week 2023, SARE studio merilis koleksi eksklusif BIJOU, berkolaborasi dengan influencer lifestyle, Dhatu Rembulan.
Hal senada juga disampaikan founders KAMI Michelly Mondong dan Livia Tan. “Berkat kampanye-kampanye dan peluncuran eksklusif di Tokopedia, pesanan KAMI bisa meningkat hingga 10 kali lipat,” kata Michelly.
Demikian juga dengan produsen sepatu asal Bogor, SAVA Shoes. “Berkat platform digital khususnya Tokopedia, omzet kami bisa naik 300%,” kata Linda Lo, pemilik SAVA Shoes.
Pada Tokopedia Fashion Week 2023, SAVA Shoes meluncurkan koleksi eksklusif ‘In Her Shoes’, berkolaborasi dengan influencer fesyen, Valen Amijo, dengan memadukan gaya Valen yang quirky.
Di Tokopedia Fashion Week 2023, KAMI merilis koleksi eksklusif ‘The IT Bag’, berkolaborasi dengan influencer lifestyle, Anissa Aziza. Dengan desain minimalis dan estetik, koleksi tersebut akan dirilis tanggal 7 Juli 2023 secara eksklusif di Tokopedia.
Sementara pendiri brand sepatu INPACA Fransisca Cika dan Mel Yohana pada Tokopedia Fashion Week 2023 meluncurkan koleksi eksklusif ‘The Obsession’, berkolaborasi dengan influencer fashion, Delvanni, dan menghadirkan block heels, flat shoes serta flat sandals dengan konsep playful nan eksentrik.
Sedang brand fashion Callie Cotton Paula Yuktipada meluncurkan produk hasil kolaborasi dengan Elxi Elvina, influencer fesyen.
STEVY WIDIA
Discussion about this post