youngster.id - Belakangan ini sejumlah brand lokal menjadi sorotan dengan tampil di perhelatan fashion internasional di New York, Paris dan London. Hal ini menunjukkan produk fashion Indonesia makin eksis dan mulai menembus pasar dunia.
Hal ini juga berkat dukungan banyak pihak termasuk e-commerce seperti Tokopedia. “Tokopedia telah mengawal berbagai merek lokal fesyen dan kecantikan, yaitu Heaven Lights, Wearing Klamby, Erigo, Jewel Rocks dan BLP Beauty untuk menampilkan produk di berbagai ajang dunia,” kata Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia dalam keterangan pers, Selasa (18/10/2022).
Menurut dia, Tokopedia di sisi lain mempermudah masyarakat menemukan dan memakai berbagai produk lokal fesyen dan kecantikan demi mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Misalnya melalui widget khusus di halaman pertama Tokopedia ‘Bangga Lokal’ yang berisi produk dari pegiat usaha lokal untuk mengajak lebih banyak masyarakat membeli dan memakai produk dari pegiat usaha lokal. “Koleksi yang ditampilkan para brand lokal di sejumlah ajang dunia tersebut, juga bisa secara eksklusif ditemukan dan dibeli lewat Tokopedia,” jelas Rizky.
Sebelumnya pada September 2022 Tokopedia mendukung koleksi Heaven Lights dan Erigo di perhelatan New York Fashion Week (NYFW) 2023. Kemudian Wearing Klamby memamerkan koleksinya di London Fashion Week (LFW) 2023. Sementara Jewel Rocks dan BLP Beauty melenggang di Paris Fashion Week (PFW) trade show di awal Oktober 2022.
“Berkat Tokopedia dan KBRI New York, Heaven Lights bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah global, melalui NYFW, khususnya lewat produk yang kami usung yaitu fesyen muslim dan modest wear. Koleksi yang kami pamerkan di ajang fesyen dunia tersebut mengambil inspirasi dari Papua,” kata Anastasia Gretti Schender Head of PR and Marketing Heaven Lights.
Sementara Founder and CMO BLP Beauty, Lizzie Parra mengatakan, dengan dukungan Tokopedia, BLP Beauty berhasil memperkenalkan produk kecantikan lokal di panggung dunia lewat Paris Fashion Week.
“Di perhelatan bergengsi ini, BLP Beauty menjadi brand lokal kecantikan pertama yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris Agency untuk menampilkan koleksi bersama dengan brand lain dari Asia Tenggara. Kalau Korea bisa punya K-Beauty, Indo-Beauty juga punya potensi besar untuk mendunia,” ucapnya.
Pemilik Jewel Rocks, Imelda Widjaja, menambahkan, ini kali kedua Tokopedia mendukung penampilan brand aksesoris Indonesia di PFW.
“Bisnis yang kami mulai dan bangun di Bali–bermodal awal Rp500 ribu, sampai punya 10 karyawan–akhirnya bisa bersanding dengan brand kelas dunia lewat PFW. Semoga perjuangan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi brand lokal lain,” ujarnya.
Jewel Rocks, menjadi salah satu merek yang sempat terpilih untuk memamerkan dan menjual koleksi mereka di Paris Fashion Week 2023 yang mendapatkan undangan dari L’Adresse Paris Agency.
Sama halnya dengan Jewel Rocks, By Lizzie Parra atau yang lebih populer kita kenal dengan BLP Beauty yang merupakan brand kecantikan asal Indonesia pun turut menghadiri Paris Fashion Week 2023.
Tokopedia komitmen menjadi panggung bagi pegiat usaha lokal lainnya yang juga bergerak di bidang fesyen maupun kecantikan. Lewat program Parade Lokal, Women in Style, Modest on Trend, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi.
STEVY WIDIA
Discussion about this post