DSC 2019, Perkuat Ekosistem Wirausaha Indonesia

Diplomat Success Challenges

Kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge 2022 akan Segera Dibuka (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge (DSC) ke-10 tahun 2019 telah menerima ribuan proposal. Namun, begitu waktu penerimaan proposal ide bisnis peserta masih terbuka hingga 17 Agustus mendatang.

Penggagas DSC sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak Edric Chandra menyampaikan, DSC merupakan wujud 10 tahun komitmen kuat Wismilak dalam memperkuat ekosistem wirausaha lndonesia.

Lebih jauh Edric menjelaskan, bahwa perhelatan DSC tahun 2019 ini menerima proposal bisnis dari propinsi Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi serta kawasan Timur Indonesia.

“Sejauh ini demografi peserta terbesar masih di Pulau Jawa, dengan proposal bisnis terbanyak berasal dari Jawa Tengah disusul Jawa Timur. Tetapi pserta dari luar Jawa juga besar. lni adalah hal yang menggembirakan, sesuai dengan ekspektasi DSC bahwa program ini bisa dijangkau dan diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia,” papar Edric dalam keterangannya baru-baru ini di Jakarta.

Menurut dia, yang paling diminati adalah kategori bisnis, serta kategori usaha makanan dan minuman. Selain itu, kategori startup digital, menjadi kategori yang juga diminati banyak pendaftar DSC untuk tahun ini. Hingga saat ini, DSC X 2019 juga sudah menerima proposal bisnis dari kategori agrobisnis, kriya & fashion, juga kategori teknologi terapan.

“ntuk usia peserta, lebih dari 80% pendaftar DSC tahun 2019 adalah kaum milenial, dengan 80% diantaranya berusia 20-25 tahun. Hal ini membuktikan bahwa anak muda Indonesia saat ini tidak lagi berorientasi sebagai job-seeker, tetapi lebih kepada job creator alias pencipta lapangan kerja,” ungkapnya lagi.

Doni Arya selaku perwakilan PT Wismilak Inti Makmur Tbk., menyampaikan, setelah rangkaian roadshow, ajang DSC akan memasuki tahap Regional Selection pada September-Oktober nanti.

“lni merupakan tahap penyaringan peserta yang proposalnya lulus penilaian awal. Peserta akan melakukan presentasi langsung dalam waktu 90 detik di hadapan dewan juri. Proposal bisnis terbaik di tahap ini selanjutnya diuji kembali di babak National Selection,” ungkapnya.

Untuk itu ajang kompetisi wirausah ayang digagas oleh Wismilak Foundation menggelar roadshow di sejumlah kota.

Doni memaparkan lebih jauh bahwa pada awalnya, Regional Selection hanya akan diselenggarakan di 3 kota. Tetapi melihat perkembangan dan animo pendaftar DSC tahun ini yang begitu tinggi, maka akan ada penambahan kota Regional Selection.

DSC juga masih memiliki agenda roadshow antarkampus yang akan dimulai di akhir Juli hingga Agustus di 9 kota. Akan ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan ini.

STEVY WIDIA

Exit mobile version