DSC XI Fokus Dorong Ekosistem Wirausaha Indonesia di Tengah Pandemi

Dewan Komisioner DSC XI 2020 meluncurkan kompetisi wirausaha inisiasi Wismilak Foundation. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) digelar ditengah situasi pandemi Co. Pendaftar untuk ajang berhadiah total Rp 2 milyar ini akan dibuka dari 19 Agustus – 19 Oktober 2020. Fokus dari kegiatan ini untuk mendorong ekosistem wirausaha bergairah kembali.

Surjanto Yasaputera, Ketua Dewan Komisioner DSC XI 2020 mengatakan, kompetisi wirausaha yang diinisiasi Wismilak Foundation, tetap hadir di tengah situasi ini sebagai bentuk komitmen terus menggerakkan ekosistem wirausaha, selaku fasilitator yang membantu tumbuh kembangnya bisnis di Indonesia.

“Penyelenggaraan DSC XI 2020 di tengah pandemi ini tetap perlu dilakukan sebagai upaya kami berpartisipasi turut mendukung ketahanan dan keberlangsungan dunia usaha di Indonesia, yang jadi salah satu kunci dalam mengatasi krisis,” kata Surjantodalam konferensi pers virtual Jumat (14/8/2020).

Menurut dia, sektor paling vital untuk dibangkitkan saat ini salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau wirausaha, sebagai sarana penyerapan tenaga kerja. “UMKM sangat berperan strategis dalam pemulihan dan menggerakkan perekonomian bangsa. Oleh karena itu, penguatan iklim wirausaha secara umum di Indonesia sangat mendesak dilakukan, dan melalui DSC XI 2020, kami ingin menggelorakan kebangkitan ekonomi, dan bahwa DSC dapat menjadi rumah bagi para wirausahawan untuk mengembangkan bisnisnya,” kata Surjanto lagi.

Sejak pertama kali digelar tahun 2010, DSC telah memberikan hadiah hibah modal usaha total Rp 2 miliar, pendampingan dan edukasi, bagi peserta yang terpilih. Adapun tema penyelenggaraan DSC XI 2020 adalah #BikinGebrakan, yang bermaksud sebagai bentuk dukungan dan dorongan kepada generasi muda untuk berani berwirausaha dan membuat gebrakan dalam bisnis, khususnya yang bisa relevan dengan kebutuhan dan situasi terkini.

Edric Chandra, Program Initiator Diplomat Success Challenge, menyampaikan bahwa pandemi bisa dibilang telah menjadi ‘disrupsi’ yang signifikan dalam dunia bisnis. Munculnya sejumlah tren, transformasi, dan kenormalan baru dalam menjalankan bisnis, melecut dunia usaha untuk inovatif dan adaptif agar dapat selamat dari krisis.

“Kami berharap DSC dapat menumbuhkan generasi muda yang percaya diri dan tangguh untuk membuat gebrakan bisnis, dan kami siap mendukung lahirnya ide dan terobosan bisnis baru yang relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat saat ini,” kata Edric.

Kompetisi DSC segera dibuka pada 19 Agustus 2020 dan diikuti secara perorangan dengan usia 20 – 40 tahun. Peserta DSC sudah dapat mendaftarkan dirinya melalui situs resmi www.diplomatsukses.com dengan mengirimkan proposal ide bisnisnya, hingga batas waktu 19 Oktober 2020.

STEVY WIDIA

Exit mobile version