Dukung Layanan Digital, XL Implementasikan Teknologi 4,5G

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya (kanan) dalam ujicoba teknologi 4T4R 4x4 MIMO bagian dari teknologi 4,5G. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Layanan digital bakal menjadi tumpuan bagi industri telekomunikasi di masa mendatang. Untuk memberikan layanan itu butuh investasi dalam bentuk implementasi teknologi terbaru. Dan langkah itu ditempuh oleh PT XL Axiata Tbk (XL) dengan menerapkan teknologi 4T4R 4×4 MIMO yang merupakan salah satu bagian dari teknologi 4,5G.

Dengan teknologi ini, XL yakin dapat meningkatkan kecepatan akses internet hampir 2 kali lipat, serta koneksi jauh lebih stabil. Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, XL terus fokus pada layanan 4G LTE. Selain terus memperluas cakupan wilayah layanannya, XL akan memaksimalkan performanya dengan menerapkan inovasi teknologi 4G LTE.

“Kami sadar, teknologi akan terus berkembang dengan cepat. dan karenanya kami pun harus menyesuaikan diri agar selalu terdepan dalam inovasi teknologi agar dapat memberikan layanan paling optimal untuk pelanggan dan masyarakat,” papar Yessie dalam uji joba penerapan 4,5G Rabu (12/10/2016) di Jakarta.

Menurut dia, sebelumnya XL sudah melakukan ujicoba teknologi 4,5G lainnya yaitu LTE Carrier Aggregation dengan tiga frekuensi 900 MHz, 1800 MHz dan 2100 MHz, kemudian juga melakukan ujicoba LTE-LAA (License Assisted Access). Hasil ujicoba ini menunjukkan peningkatan kecepatan akses data dan kestabilan layanan dibadning dengan teknologi sebelumnya (2T2R).

Ujicoba ini melibatkan Ericsson Indonesia.Saat ini, XL telah menerapkan teknologi itu di beberapa kota utama di Indonesia. Rencananya, akan terus diperluas dan ke depan menjadi awal untuk penyelenggaraan layanan 4,5 G. Implementasi 4T4R oleh XL ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Menurut Yessie, menyiapkan jaringan 4G LTE untuk menyelenggarakan layanan mobile broadband. Melalui itu, XL siap menggelar layanan tersebut dalam waktu dekat di semua kota yang sudah terjangkau jaringan 4G. Perusahaan akan meluncurkan layanan mobile broadband untuk kalangan perorangan, rumah tangga, dan bisnis.

“Layanan mobile broadband XL ditujukan menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap layanan internet yang berkualitas. Juga untuk mendukung berbagai aktivitas lainnya. Layanan ini sekaligus akan mempercepat adopsi masyarakat atas layanan internet 4G LTE,” ungkapnya.

Saat ini XL telah menerapkan teknologi 4T4R ini di 4 kota 4G LTE utama XL, yaitu Jabotabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Secara bertahap implementasi teknologi ini juga akan terus diperluas.

 

STEVY WIDIA