Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung, Wings Group Gelar Beragam Kegiatan Penguatan Usaha

Wings Group x Bangka Belitung

Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung, Wings Group Gelar Beragam Kegiatan Penguatan Usaha (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai bentuk dukungan pada gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Perdagangan, Wings Group Indonesia menggelar serangkaian acara untuk berkelanjutan penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kegiatan acara yang dilakukan sebagai bentuk dukungan dan kontribusi Wings Group Indonesia ini, antara lain: memberikan apresiasi sebesar Rp50 juta untuk lima UMKM Champion Bangka Belitung, mengadakan fun run bersama ISOPLUS, dan cooking class Kecap Sedaap bersama Nicky Tirta.

“Sebagai perusahaan yang lahir dan tumbuh besar di Indonesia, kami merasa bangga dapat membantu memperkuat pilar ekonomi nasional, khususnya kali ini melalui penguatan UMKM di Bangka Belitung. Terdapat banyak sekali UMKM yang begitu potensial untuk dikembangkan di provinsi yang begitu indah ini, terlebih jika mendapatkan pembinaan dan pendampingan yang tepat, seperti Gernas BBI ini. Oleh karena itu, Wings Group Indonesia senantiasa berkomitmen untuk dapat terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia sesuai dengan filosofi kami “the best things in life should be accessible for everyone,” ucap Gabriella da Silva, Head of Public Relations Wings Group Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/5/2022).

Dalam dua tahun terakhir, UMKM membuktikan dapat menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia. Sebanyak 64,19 juta UMKM di Indonesia mampu memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar 61,97% atau senilai Rp8,6 triliun pada 2021. UMKM juga menyerap 119,6 juta atau 97% dari total tenaga kerja di Indonesia. Pemerintah menargetkan 5 ribu UMKM dapat memanfaatkan era digitalisasi dengan baik, dimana sekitar 3.210 UMKM Babel telah difasilitasi dengan pembinaan dan pendampingan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya berharap agar lebih banyak produk lokal Indonesia dapat merambah pasar global lebih luas lagi.

“Terima kasih atas peran dari berbagai pihak yang menunjukkan semangat BBI dan Bangga Wisata Indonesia (BWI), terlebih bertepatan dengan hari kebangkitan nasional yang juga menjadi momentum dari kebangkitan UMKM di Indonesia. Mari kita tunjukan cahaya Bangka Belitung pada dunia dan mari kita sukseskan laskar UMKM Bangka Belitung mendunia,” ujar Luhut.

Penguatan pilar ekonomi nasional dapat dilakukan dengan lebih mudah jika para pelaku UMKM dan masyarakat Indonesia memiliki kondisi kesehatan yang baik. Oleh karena itu, Wings Food melalui merek minuman isotoniknya, ISOPLUS, mendukung pelaksanaan kegiatan Fun Run berjarak 5 km dengan rute looping Pantai Tanjung Kelayang – Simpang Tugu Perahu dan arah Tanjung Tinggi – Pantai Tanjung Kelayang. Gerakan tersebut diikuti oleh masyarakat sekitar dengan total peserta mencapai 1.000 orang.

Tak hanya itu, Wings Food melalui merek Kecap Sedaap, juga turut mengadakan cooking class dengan menghadirkan celebrity chef Nicky Tirta. Pada kesempatan tersebut, chef Nicky Tirta memberikan Inspirasi dalam menyajikan kuliner khas nusantara dengan cara yg berbeda, yaitu Ravioli Lempah Kuning yang hadir sebagai masakan fusion dari hidangan khas Belitung (lempah kuning/ ganggan) dipadukan dengan masakan khas Italia. Nicky juga membagikan tips dan trik dalam menciptakan kreasi masakan lezat ini kepada para pengunjung pameran dari menggunakan ikan laut agar rasanya semakin gurih hingga Kecap Sedaap sebagai pelengkap agar setiap masakan semakin nikmat.

“BBI harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, jangan hanya slogan, tetapi perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita gunakan produk lokal untuk memajukan UMKM Indonesia. Kami juga bekerjasama dengan berbagai pihak (termasuk Wings Food) sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi untuk semakin meningkatkan UMKM dan mengkampanyekan gernas BBI ini,” imbuh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version