Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

e-Commerce Indonesia Belum Tembus Pasar Internasional

28 November 2017
in News
Reading Time: 1 min read
Apa Tantangan Terbesar e-Commerce di Indonesia ?

Sekitar 200 e-commerce gelar berbagai promosi di ajang IESE 2017. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saat ini konsumen Indonesia bisa menikmati layanan e-commerce internasional, seperti Amazon dan e-Bay, saat berada di Tanah Air. Sayangnya, layanan e-commerce Indonesia belum menembus pasar Internasional.

“Saat ini penduduk internasional belum bisa membuat akun dan menikmati layanan e-commerce Indonesia (jika berada di luar Indonesia),” kata Ricky Josep Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Selasa (28/11/2017).

Untuk itu Bekraf telah bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Keuangan dalam pengadaan kebijakan ekspor untuk perusahaan e-commerce di Indonesia. “Kami memperjuangkan hadirnya kebijakan baru untuk ekspor retail,” ucap Ricky.

Ricky mengatakan kebijakan ini tidak terkait dengan infrastruktur perusahaan e-commerce. Menurut dia, saat ini kebijakan insentif ekspor sudah ada dan cukup kompetitif. “Tapi sebagai komoditas,” ujarnya. Dalam kebijakan ekspor yang sudah ada, insentif baru akan didapat jika kegiatan ekspor dilakukan dalam jumlah besar.

Baca juga :   Mekari Conference Dorong Pelaku UMKM Menuju Go Digital

Lebih lanjut, kata Ricky, ketika pembelanjaan dilakukan melalui e-commerce, hal tersebut menjadi tak memungkinkan. Pasalnya, pembelanjaan yang dilakukan di e-commerce bersifat retail atau bukan dalam jumlah besar.

Dari segi logistik, Ricky mengklaim, perusahaan jasa logistik yang ada di Indonesia sudah siap dengan kebijakan ekspor retail untuk perusahaan e-commerce. Termasuk perusahaan logistik asing yang ada di Indonesia.

Hal ini terbukti selama ini perusahaan logistik di Indonesia telah banyak melakukan pengiriman internasional. “Masalahnya saat ini, izin pengiriman internasional dalam bentuk barang dagangan retail belum ada secara jelas,” tutur Ricky.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)e-commerce
Previous Post

UKM Indonesia Sukses Di Halal Expo Japan

Next Post

TelkomGroup Tingkatkan Pengamanan Infrastruktur Telekomunikasi di Bali

Related Posts

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Load More
Next Post
TelkomGroup Tingkatkan Pengamanan Infrastruktur Telekomunikasi di Bali

TelkomGroup Tingkatkan Pengamanan Infrastruktur Telekomunikasi di Bali

Bekraf dan Amvesindo Gelar Kompetisi Creative Innovation Award 2017

Bekraf dan Amvesindo Gelar Kompetisi Creative Innovation Award 2017

Kemkop Gandeng Bukalapak Besarkan UKM

Kemkop Gandeng Bukalapak Besarkan UKM

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version