youngster.id - Shopee, Lazada, dan Tokopedia mengukuhkan diri sebagai e-commerce terpopuler di Asia Tenggara untuk periode triwulan III 2019, berdasarkan hasil riset iPrice terbaru. Riset tersebut juga menunjukkan bahwa pasar ketiga e-commerce tersebut di Indonesia bakal menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.
“Kuartal (ketiga) ini, Shopee, Lazada, dan pemain besar lainnya fokus menawarkan layanan baru seperti acara live streaming dan gim dalam aplikasi, untuk meningkatkan user engagement,” demikian siaran pers iPrice Senin 92/12/2019).
Riset ini dilakukan pada Oktober lalu di enam negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, berdasarkan pencatatan dari situs SimilarWeb. Dari enam negara tersebut, Shopee dan Lazada memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.
Sementara itu untuk kategori aplikasi selular, aplikasi Shopee dan Lazada menjadi yang terpopuler di Asia Tenggara walaupun menghadapi persaingan yang ketat dari Tokopedia dan e-commerce asal Vietnam, Sendo.
Shopee menjadi e-commerce paling populer di Vietnam dan Indonesia. Sedangkan, Lazada merajai pasar Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. “Vietnam dan Indonesia diprediksi akan menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara,” sebut laporan tersebut.
Tak hanya meneliti data regional, riset iPrice juga meneliti data per negara. Di Indonesia, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer dengan kunjungan bulanan tertinggi di antara e-commerce lainnya yakni 66 juta pengguna bulanan, kemudian menyusul Shopee di peringkat kedua dengan 56 juta kunjungan, Bukalapak 42,9 juta kunjungan, dan Lazada 27 juta kunjungan.
“Pemain lokal Tokopedia memiliki pangsa pasar terbesar melalui kunjungan situs, yakni sebesar 25% dari total pasar. Shopee di posisi kedua secara nasional dengan nilai 22% dari total pasar,” ungkap laporan tersebut.
Selanjutnya, untuk kategori pengguna aktif bulanan, Shopee memimpin di urutan pertama dengan pengguna aktif bulanan terbesar diikuti Tokopedia, Bukalapak, dan di posisi keempat, Lazada. Kemudian, aplikasi e-commerce yang paling banyak diunduh di Indonesia yakni Shopee, disusul oleh Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak.
Adapun Shopee membukukan lebih dari 138 juta transaksi sepanjang kuartal III tahun ini yakni rata-rata 1,5 juta transaksi per hari.
STEVY WIDIA
Discussion about this post