Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

E-commerce Sumbang 20 % Peningkatan Penjualan FMCG

15 Februari 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
SIRCLO Group

Sinergi Pelaku E-Commerce Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital (Foto: dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Data dari SIRCLO, sebuah penyedia solusi untuk e-commerce, menunjukkan bahwa platform e-commerce telah menyumbang hingga 20 % dari jumlah penjualan total perusahaan fast moving consumer goods(FMCG). Angka ini diprediksikan untuk terus meningkat di 2019.

“Setiap tahun, patokan untuk penjualan e-commerce terus meningkat dengan signifikan. Di akhir 2016, merek-merek FMCG menyasar agar e-commerce menyumbang 1% ke total penjualan. Namun tahun ini, mayoritas dari mereka menargetkan agar e-commerce berkontribusi 10% ke total penjualan, dengan demikian menandakan pertumbuhan 10 kali lipat dibanding dua tahun yang lalu,” kata Brian Marshal, Founder & CEO SIRCLO dalam keterangannya Kamis (14/2/2019) di Jakarta.

Menurut dia, ada berbagai cara yang dapat ditempuh perusahaan FMCG untuk meningkatkan penjualan melalui online marketplace.

“Pertama, penting agar proses produksi dan merchandising, yaitu pengadaan sebuah produk, dijadikan lebih efektif dengan memperkuat pengaturan stok, pengendalian kualitas, serta pengunggahan koleksi baru secara reguler,” lanjut Brian.

Kedua, perusahaan-perusahaan FMCG harus menargetkan berbagai aktivitas marketing, atau pemasaran, ke konsumen di marketplace yang berpotensi untuk menjadi calon pelanggan. Perusahaan-perusahaan FMCG bisa mengoptimalkan upaya promosi di platform marketplace dengan menggunakan aset digital, seperti iklan banner, newsletter, media sosial, dan promosi diskon.

Baca juga :   Transaksi Jet Commerce Jadi 16 Kali Lipat Saat 11.11

“Yang ketiga, perusahaan-perusahaan FMCG harus membangun Customer Service, atau Layanan Pembeli, tersendiri. Melalui Layanan Pelanggan onlineini, perusahaan-perusahaan dapat menanggapi pertanyaan pelanggan dan memberi pengalaman belanja yang memuaskan bagi para pelanggan. Memberi rasa puas adalah bagian penting dalam strategi menjaga loyalitas pelanggan,” kata Brian.

E-Commerce telah berkontribusi pada pertumbuhan FMCG di Indonesia secara signifikan dalam dua tahun terakhir ini. Namun, perusahaan-perusahaan FMCG menyatakan bahwa masih ada berbagai tantangan yang harus dilalui untuk dapat memaksimalkan posisi mereka di ranah e-commerce.

SIRCLO adalah perusahaan yang menyediakan solusi untuk merek-merek lokal dan besar untuk berjualan di jalur e-commerce. SIRCLO Commerce, layanan SIRCLO yang membantu brand untuk berjualan di berbagai kanal marketplace, menawarkan solusi mulai dari proses merchandising, pemasaran, hingga logistik untuk pengiriman pesanan dan pergudangan untuk inventaris.

Baca juga :   Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Melalui Pelaku Usaha Lokal di e-Commerce

Fransiscus Kurniawan, PepsiCo Head of Trade Marketing and E-Commerce mengatakan bahwa pada umumnya perusahaan FMCG di Indonesia menghadapi setidaknya tiga tantangan besar ketika merambah dunia e-commerce. Tantangan terbesar yang dihadapi berkaitan dengan sumber daya manusia.

Menurut dia, dibutuhkan minimal lima orang – bertugas sebagai Key Account, Store Operator, Customer Service, Logistic & Inventory, dan Graphic Designer – untuk menjalankan unit e-commerce dalam sebuah perusahaan dan ini semua membutuhkan investasi yang sangat besar dari awal. “Selain itu, jumlah talenta yang piawai dan berpengalaman di bidang e-commerce FMCG belum banyak tersedia di pasar tenaga kerja Indonesia, sehingga perusahaan kesulitan untuk mempekerjakan orang yang sesuai,” kata Fransiscus.

Fransiscus menambahkan, tantangan lainnya adalah sistem rantai pasokan, mulai dari yang di internal perusahaan hingga distributor eksternal, yang belum terintegrasi ke platform e-commerce. Akibatnya, banyak proses terkait logistik, seperti pengambilan dan pengepakan produk yang dipesan secara online, masih dilakukan secara manual.

Baca juga :   Koperasi Ini Gandeng Perbankan Untuk Dukung Pengembangan UMKM

“Proses manual ini berpotensi menyebabkan terjadinya kesalahan yang mengakibatkan rendahnya performance penjualan,” lanjut Fransiscus.
Terakhir, dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk menjalankan penjualan melalui e-commerceyang berbeda tekniknya dibanding penjualan tradisional.

“Berjualan lewat e-commerce membutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk menentukan jenis platform yang cocok untuk sebuah merek atau produk, selain jenis promosi yang tepat untuk setiap platform e-commerce,” kata Fransiscus.

Salah satu solusi untuk menghadapi tantangan-tantangan ini adalah bekerja sama dengan penyedia solusi untuk channel management, atau manajemen jalur distribusi, yang mengkhususkan diri dalam membantu perusahaan FMCG untuk berjualan secaraonline.

“SIRCLO menyediakan one-stop solution bagi PepsiCo untuk menghadapi kendala-kendala tersebut, dengan servis yang bersifat dari ujung ke ujung, lengkap, dan terpercaya,” kata Fransiscus.

FAHRUL ANWAR

Tags: e-commercefast moving consumer goods (FMCG)marketplaceSIRCLO
Previous Post

Resmikan RSUI, Menristekdikti Tantang UI Tembus Peringkat 200 Besar Dunia

Next Post

Shopee Akan Fasilitasi UKM Untuk Ekspor

Related Posts

Harbolnas
Headline

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
0
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
Load More
Next Post
Gandeng Facebook, Shopee Edukasi Para Penjual Online

Shopee Akan Fasilitasi UKM Untuk Ekspor

Tren Belanja Online Tinggi, Samsung Buka Toko Sendiri

Samsung Fokus Hadirkan Tren Teknologi Smartphone Teranyar

Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Pertumbuhan Fastwork Pesat di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version