Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

e-Dagang Harus Antisipasi Lonjakan Harbolnas

12 Oktober 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Tahun 2016 Menjadi Babak Baru Bagi Industri e-Commerce di Indonesia

Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA). (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 akan kembali diadakan di penghujung tahun ini.
Ini artinya, para pelaku e-dagang akan ”˜berlomba-lomba”™ memberikan penawaran menggiurkan pada momen tahunan ini. Namun para pelaku harus juga diwaspadai lonjakan pengunjung.

Jumlah pengunjung yang meningkat drastis di event ini akan menjadi kendala utama bagi para pelaku e-dagang. Karena hal ini dapat membuat situs down. Lonjakan pengunjung bisa melumpuhkan server dari situs eCommerce. Akibatnya, kerugian yang didapat. Hal itu sempat dialami ketika Harbolnas 2015 oleh Berrybenka, MatahariMall, dan Bhinneka.

Untuk mengantisipasi gangguan itu, e-Dagang harus mempersiapkan strategi khusus. “1 detik saja situs lumpuh, pasti sudah rugi jutaan rupiah,” ujar Ali Hakim, Country Manager Akamai dalam presentasi Power Talk Selasa (11/10/2016)yang digelar Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA) di Inter Continental Mid Plaza, Jakarta.

Baca juga :   CTO dan Co-Founder Traveloka Mengundurkan Diri

Oleh karena itu, ia melanjutkan, setiap eCommerce wajib menyiapkan semua elemen sebaik-baiknya agar situs tidak lumpuh di momen tahunan itu.

“Pertama, kita harus benar-benar ukur performa situs atau aplikasi dengan tools seperti Google Page Speed Insights, Real User Monitoring atau Synthetic Measurement. Dari situ, cari faktor yang kurang perform. Apa yang membuat situs kurang lancar ketika dikunjungi banyak orang,” tutur Ali menjelaskan.

Langkah selanjutnya, tambah Ali, para pelaku eCommerce harus paham infrastruktur back end dari situs dengan melakukan load test. Dari situ, pahami kapasitas sistem dan database.

“Kita juga harus tahu berapa banyak situs bisa menampung kapasitas pengunjung. Antisipasi dengan mengetahui kapasitas normal dengan kapasitas plus lonjakan saat campaign (Harbolnas) berlangsung,” sambung Ali.

Baca juga :   Smescotrade.com Gandeng 700 UKM Ikut Harbolnas 2016

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penataan letak produk di situs. “Mengoptimalkan gambar produk juga jadi faktor penting agar kita bisa engage lebih dekat dengan pelanggan. 63 persen calon pembeli lebih tertarik dengan gambar produk,” kata Ali.

“Terakhir, soal keamanan. Ini yang paling krusial. Tak sedikit pihak yang iseng ingin “ganggu” aktivitas eCommerce di Harbolnas, seperti hacker dan serangan DDOS. Ini juga perlu diperhatikan,” kata Ali lagi.

Performa

Sementara itu, Lisa Widodo, Head of Operation Blibli, mengaku meninjau kesiapan operasional Blibli dari beberapa elemen, seperti evaluasi kapasitas pengunjung dan performa situs, hingga mengecek kembali performa kurir, agen, dan warehouse.

“Pertama, kami siapkan capacity planning. Kami lihat kapasitas pengunjung yang bisa ”˜ditampung”™ tahun ini dengan membandingkan kapasitas dari tahun lalu. Dengan begitu, setidaknya kami punya bayangan kira-kira traffic pengunjung bakal sebanyak apa,” kata Lisa.

Baca juga :   Inilah Tujuh Isyu Strategis Pada Roadmap e-Commerce Nasional

Pada kesempatan yang sama, Lodewijk Tanamel, CTO Bhinneka, juga mengumbar kiat yang mereka persiapkan menjelang Harbolnas dari segi infrastruktur IT. Menurutnya, setiap pelaku eCommerce harus bisa mengidentifikasi tren yang tengah berlangsung.

“Kita harus tahu tren, dalam hal ini jumlah concurrent user saat ini dan bagaimana total user saat campaign (Harbolnas) berlangsung. Kalau banyak, kita harus steady mengoptimalkan server dengan meningkatkan konfigurasi agar lonjakan traffic tetap berjalan lancar dan situs tidak akan down,” jelasnya.

Harbolnas 2016 mengusung tema “Indonesia Online”. Dengan harapan bisa menggenjot pertumbuhan industri e-Dagang lokal.

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA)e-DagangHarbolnas 2016Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)
Previous Post

Pengusaha Muda Diajak Kelola Industri Prioritas

Next Post

Keberagaman Menjadi Keunggulan Startup Indonesia

Related Posts

Blibli Lelang
News

Penjualan Blibli Naik 5 Kali Lipat Saat Periode 12 jam Harbolnas 12.12

13 Desember 2022
0
UKM Indonesia Raih Best New Product pada New York Now 2019
Headline

E-commerce Indonesia Siap Perangi dan Hapus Produk Palsu

27 Februari 2022
0
DANA
News

DANA Hadirkan Fitur Interaktif Untuk Momentum Harbolnas 11.11

5 November 2021
0
Load More
Next Post
Keberagaman Menjadi Keunggulan Startup Indonesia

Keberagaman Menjadi Keunggulan Startup Indonesia

Dukung Sail Selat Karimata 2016, Telkomsel Gelar Layanan 4G

Dukung Sail Selat Karimata 2016, Telkomsel Gelar Layanan 4G

ZWCAD dan Binus Gelar Kompetisi CAD

ZWCAD dan Binus Gelar Kompetisi CAD

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version