elevenia Fasilitasi UMKM Batik Pasarkan Produknya

elevenia Fasilitasi UMKM Batik Pasarkan Produknya (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Sebagai e-commerce berbasis marketplace, elevenia siap memasilitasi para pelaku UMKM batik dari Kota Pekalongan dan sekitarnya. Mereka akan dibantu dalam memasarkan produknya secara online.

Hal itu dikemukakan Regi Pratama, Manager Seller Support & Activation elevenia di hadapan sekitar 200 pelaku UMKM batik dari kota Pekalongan dan sekitarnya, pada acar seminar bertajuk “Strategi, Tantangan, dan Peluang Bisnis serta Pemasaran di Era Digital”. Seminar itu digelar di sela-sela perhelatan Pekan Batik Nusantara ke-8 di Pekalongan, 4 ”“ 9 Oktober 2016.

“Pekalongan, sebagai kota batik, perlu untuk mengawinkan antara teknologi dengan kekayaan budaya yang telah dimiliki. Selain melaksanakan event seperti Pekan Batik Nusantara ini, e-commerce juga bisa menjadi alat untuk mengembangkan dan mempromosikan ekonomi kreatif yang ada di Pekalongan,” jelas Regi, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Regi, dengan adanya 102.8 juta pengguna internet di Indonesia, maka sebesar itulah peluang yang bisa dimiliki oleh pelaku UMKM.

Regi menyampaikan alasan mengapa para pelaku UMKM dianjurkan untuk mulai berjualan online. Antara lain: jangkauan pemasaran yang luas se-nasional, tidak ada batas waktu operasional (kontrol 24 jam 7 hari), biaya minimal, bebas menentukan biaya,fleksibel (dapat dikerjakan di rumah), dan biaya internet yang semakin murah.

“Melalui e-commerce, maka para pelaku UKM dimudahkan untuk berjualan online karena cukup bergabung tanpa harus membangun lagi dari awal untuk membuka toko online mereka. Di sisi lain, sistem ini menjadi menjanjikan karena tren penggunaan perangkat mobile yang semakin meningkat, biaya internet yang murah, situs jejaring sosial yang semakin banyak, dan meningkatnya masyarakat ”˜kelas menengah”™ di Indonesia,” jelas Regi.

 

HENNI T. SOELAEMAN