youngster.id - Fabelio startup peritel furnitur online mengumumkan rencana perluasan bisnisnya di Tanah Air melalui pembukaan experience center di empat kota yaitu Semarang, Surabaya, dan Sidoarjo. Targetnya untuk menjangkau 140 juta pelanggan dengan layanan pengiriman di hari yang sama.
CEO & Co-Founder Fabelio, Marshall Tegar Utoyo mengatakan, sebagai peritel furnitur berbasis teknologi, pengolahan data konsumen dan pemahaman tren sebelum dan sesudah pandemi menjadi dasar pengembangan bisnis Fabelio.
“Kami melihat adanya permintaan desain furnitur berkualitas di Jawa Barat seiring dengan perubahan kebiasaan pelanggan yang melihat produk secara offline dan kemudian membelinya online. Untuk memenuhi permintaan tersebut, Fabelio memiliki rencana ekspansi yang kami proyeksikan pada akhir 2020 nanti, volume transaksi akan tumbuh sedikitnya 150% dari level transaksi pada bulan Juni.” ungkap Marshall dalam keterangan resmi, Rabu (19/8/2020).
Menurut dia, sebelum pemberlakuan PSBB, Fabelio mencatat pertumbuhan volume transaksi stabil di atas 20%. Meskipun sempat terhambat akibat pembatasan operasional experience center yang terjadi selama pandemi, Fabelio berhasil mencatat rekor tingkat transaksi penjualan online pada April hingga Juli 2020. Untuk itu, memasuki keadaan ‘normal baru’ di Indonesia, Fabelio tetap memastikan protokol keselamatan dan kesehatan yang dilakukan di experience center, gudang penyimpanan, hingga layanan antar ke rumah pelanggan.
Co-Founder Fabelio, Christian Sutardimengungkapkan, meskipun mengandalkan sistem penjualan berbasis online, kehadiran experience center sendiri masih menjadi faktor penentu bagi calon pelanggan yang ingin membeli furnitur sehingga kehadirannya tetap penting dalam strategi perusahaan. “Kami pulih relatif cepat pasca lockdown dan telah melakukan kerjasama strategis dengan lebih dari 30 mitra di Indonesia termasuk 10 bank ternama sebagai mitra pembayaran,” ujarnya.
Sutardi menilai, pelanggan masih merasa perlu melihat dan merasakan secara langsung produk yang mereka inginkan.Untuk itu Fabelio berencana membuka 10 experience center dan menjangkau seluruh Pulau Jawa hingga akhir 2020. “Volume transaksi juga meningkat hampir 50% dibandingkan pada masa sebelum COVID-19 dan pada saat yang sama kami juga memperoleh lebih banyak pelanggan baru setiap bulannya,” ujarnya.
Selain menyasar segmen konsumen, Fabelio juga memiliki layanan proyek B2B yang diberi nama “Fabelio Projects” dan telah melayani 1.000 proyek B2B mulai dari properti residensial seperti perumahan dan apartemen, kantor hingga pusat perbelanjaan Citraland, Bank BRI dan MRT Jakarta.
Hingga kini Fabelio telah bekerja sama dengan lebih dari 20 desainer produk dan 50 afiliasi desainer global. Selain itu, perusahaan juga telah meluncurkan situs terbaru baik website maupun mobile yang didesain untuk mempermudah pelanggan berbelanja secara online.
STEVY WIDIA
Discussion about this post