Facebook Berantas Akun Palsu di Indonesia

Facebook (Foto: ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Facebook baru saja melakukan “pembersihan” dilayanannya untuk menangkal hoax alias berita palsu. Untuk itu media sosial terpopuler ini menghapus akun-akun palsu termasuk yang ada di Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk mengenali pola aktivitas akun-akun tersebut, seperti mem-posting konten berulang kali. Atau menggunakan metode mengumpulkan teman baru di Facebook dengan menyukai dan berinteraksi di laman Facebook yang populer. Setelah itu, mereka akan mengirimkan spam.

“Dengan meningkatkan teknik secara konstan, kami juga membidik untuk mengurangi insentif finansial bagi para penyebar spam yang bergantung pada distribusi agar usaha mereka bermanfaat,” kata Shabnam Shaik, Technical Program Manager Facebook yang dilansir The Guardian, Rabu (19/4/2017).

Facebook mengaku, berhasil mematikan operasi penyebaran spam secara meluas di Bangladesh, Indonesia, Arab Saudi, dan sejumlah negara lainnya.

“Kami menemukan fakta kalau kebanyakan aktivitas ini dibuat menggunakan metode pembuatan akun secara tradisional. Namun mereka terbilang canggih karena dapat memanipulasi fakta bahwa pembuatan akun-akun itu adalah bagian dari operasi yang terkoordinasi,” tutupnya.

STEVY WIDIA