youngster.id - Untuk beralih ke ranah online merupakan sebuah langkah baru bagi para pelaku UMKM. Guna menginspirasi dan membantu lebih banyak UMKM menerapkan pendekatan digitalisasi dalam upaya tumbuh kembang usaha mereka, Facebook meluncurkan rangkaian video pendek ‘Dari UMKM untuk UMKM’. Rangkaian video pendek ini merupakan bagian dari kampanye #TumbuhdiFacebook.
Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik, Facebook di Indonesia mengatakan, adopsi digital bukan hal yang mudah untuk diterapkan karena masih banyak kelompok masyarakat yang belum dapat memaksimalkan penggunaan layanan digital.
“Kami berharap rangkaian video pendek ini tidak hanya bermanfaat untuk melengkapi para UMKM dengan tips-tips praktis, tapi sekaligus dapat memberikan inspirasi dan ide-ide segar untuk membantu mereka meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui Facebook, Instagram dan WhatsApp,” kata Ruben dalam keterangannya, Selasa (24/11/2020).
Video pertama dalam rangkaian “Dari UMKM untuk UMKM” menampilkan tips dan inspirasi dari Mukena Tazbiya. Berawal dari ide untuk menghadirkan mukena yang tidak hanya bermotif cantik, tetapi juga nyaman dan memiliki harga yang terjangkau, lahirlah Mukena Tazbiya pada tahun 2015.
Untuk memperkenalkan produk dan menjangkau lebih banyak pelanggan, Mukena Tazbiya memanfaatkan Facebook dan Instagram. Beberapa tips yang dibagikan dalam video ini adalah inovasi yang berkelanjutan dan memanfaatkan kritik atau saran dari pelanggan sebagai sumber inspirasi untuk mengembangkan produk baru. Memanfaatkan insight dari Facebook dan Instagram pun menjadi hal yang sangat penting untuk melihat target pelanggan yang relevan dan mengevaluasi performa bisnis.
UMKM dari Bandung, Pijakbumi, bergabung di video kedua. Sejak awal didirikan, Pijakbumi mengusung nilai-nilai inti yang membuatnya unik dan menarik, seperti penggunaan material yang alami, diproduksi secara berkelanjutan, serta desain yang apik dan nyaman.
Tips yang dibagikan dalam video kedua ini antara lain adalah bagaimana cara meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan menciptakan konten yang kreatif, autentik, dan jujur, serta memahami keinginan mereka melalui kuesioner secara rutin. Nama Pijakbumi kini telah mendunia berkat keikutsertaannya dalam berbagai pameran di luar negeri dan telah mendapatkan predikat sebagai salah satu produsen sepatu terbaik dari Indonesia.
Diluar dari dua video tersebut, Rumah Atsiri dari Semarang, Agradaya dari Yogyakarta, Matoa dari Bandung, dan Indah Mutiara dari Lombok pun akan membagikan tips dan inspirasi usaha mereka ke sesama pelaku UMKM di Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post