Facebook Buat Panduan Promosi Bagi UMKM Tingkatkan Penjualan Online

Facebook Laju Digital telah melatih lebih dari 13,865 peserta di 17 kota di Indonesia. (Foto: istimewa)

youngster.id - Selama pandemi Covid-19, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memang mulai banyak yang beralih berjualan online untuk menjangkau konsumen. Salah satu kanal yang digunakan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp Business.

Untuk mendukung hal itu, Facebook membuat panduan promosi bagi UMKM berjualan online. Ini bertujuan meningkatkan pendapatan penjual selama ramadan tahun ini.

Country Director Facebook untuk Indonesia Pieter Lydian mengatakan, perusahaan membuat inisiatif bertajuk #BulanKebaikan secara global.

“Ini untuk meningkatkan bisnis UMKM dan menggali ide dalam memenangkan hati konsumen,” kata Pieter dalam keterangan pers, Senin (12/4/2021).

Di Indonesia, inisiatif tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, jelajahi kebaikan yang berisi panduan bagi UMKM dalam memanfaatkan Facebook Shops. Selain itu, cara mengaktifkan Instagram Shopping, berinteraksi dengan komunitas lewat fitur Stories, dan memanfaatkan WhatsApp Business.

Kedua, inspirasi kebaikan dengan membuat Pasar JuWAra, Ramabar, dan  #NgabuburitdiInstagram. Pasar JuWAra menjadi wadah bagi penjual pasar untuk memasarkan produk melalui WhatsApp.

“Dengan semangat bulan Ramadan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp meluncurkan kampanye #BulanKebaikan guna memberikan lebih banyak cara dan ide bagi orang-orang untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami,” kata Pieter lagi.

Sejauh ini Facebook telah menggaet lebih dari 1.000 pedagang pasar tradisional di 22 kota di 15 provinsi untuk bergabung di WhatsApp Business. Pengguna WhatsApp pun bisa memanfaatkan itu untuk membeli jajanan pasar, kebutuhan pokok, dan lainnya selama ramadan. Untuk mempromosikan produk di Pasar JuWAra, Facebook berkolaborasi dengan influencer. Facebook pun memberikan pelatihan bagi penjual di pasar agar bisa memanfaatkan kanal tersebut.

“Ada pedagang di 45 pasar yang akan kami latih. Di setiap pulau besar di Indonesia ada, mulai dari Aceh, Bengkulu, Jawa, dan lainnya,” kata Manager Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia Esther Samboh.

Melalui program inspirasi kebaikan, Facebook juga membuat acara Ramabar berkolaborasi dengan komunitas gamers di Facebook. Ada juga #NgabuburitdiInstagram yang merupakan serial Instagram Live selama 30 menit yang tayang setiap Sabtu. Ketiga, membuat berbagai fitur dan tampilan baru di Facebook, Messenger, Instagram, dan Whatsapp. Salah satunya dengan membuat stiker pada Stories di Instagram yang dirancang oleh desainer asal Bahrain, @haluulie.

Kemudian kolaborasi stiker di WhatsApp yang didesain oleh ilustrator asal Turki, Murat Kalkavan. Murat terinspirasi dari memori masa kecilnya ketika ramadan mulai dari saat berbuka puasa bersama keluarga hingga mendapatkan kudapan manis dari tetangga. Ada juga stiker Avatar dan News Feed di Facebook. Selain itu, ada fitur efek kamera dan stiker terbaru yang akan tersedia di Messenger dan Messenger Kids.

Berdasarkan survei Facebook, Bank Dunia dan Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) bertajuk ‘The Future of Business’, 56% dari UMKM yang berjualan di Facebook menyatakan, 25% transaksi mereka berasal dari platform digital selama pandemi Covid-19.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version