Facebook Siapkan Rp 12,5 Miliar untuk UMKM Indonesia

Facebook Siapkan Rp 12,5 Miliar untuk UMKM Indonesia 1

Facebook shops. (Foto: istimewa)

youngster.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi tulang punggung perekonomian. Namun pandemi Covid-19 telah membuat sektor ini terpuruk, bahkan berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ada 60% UMKM di Indonesia yang ambruk akibat situasi ini.

Berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan UMKM, termasuk bantuan yang disiapkan Facebook sebilai Rp 12,5 miliar untuk UMKM di Indonesia yang terpukul pandemi corona.

“Kami ingin memberikan dukungan yang bermanfaat, termasuk finansial untuk membantu mereka bangkit kembali,” kata Pieter Lydian Director Facebook untuk Indonesia dalam siaran pers, Rabu (7/10/2020).

UMKM yang ingin mendapatkan bantuan dari Facebook bisa mendaftar hingga 13 Oktober. Namun, ada beberapa syarat untuk memperoleh bantuan ini. Syaratnya yakni memiliki dua hingga 50 karyawan dan menjalankan usaha lebih dari setahun. Selain itu, bisnisnya terbukti terkena dampak pandemi Covid-19. Facebook bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera untuk menyeleksi para pendaftar.

Program Facebook ini merupakan program global dengan dana US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk membantu 30 ribu UMKM di 30 negara, termasuk Indonesia. Selain bantuan finansial, Facebook memberikan pelatihan secara online kepada UMKM. Pemilik usaha dapat bergabung di Boost with Facebook, untuk mendapatkan saran terkait bisnis dari para ahli dan sesama pengusaha. UMKM juga dapat mengunjungi Business Resource Hub dari Facebook, yang memuat tentang tips, fitur, dan pelatihan online gratis.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sudah menggandeng Facebook untuk memberikan pelatihan kepada 15 ribu UMKM. Program ini berlangsung selama enam bulan sejak Juli. Facebook membuka peluang untuk memberikan pelatihan hingga tahun depan.

Selain itu, perusahaan menambahkan fitur yang mendukung UMKM untuk meningkatkan pendapatan di aplikasi Facebook dan Instagram. Yang terbaru, meluncurkan fitur berbelanja online di Instagram. Fitur anyar yang disebut Instagram Shopping itu tersedia untuk akun bisnis maupun kreator konten (content creator).

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version