Sabtu, 28 Januari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Faktor Keberlanjutan Menjadi Pertimbangan Penting dalam Belanja Online

17 November 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
belanja online

Faktor Keberlanjutan Menjadi Pertimbangan Penting dalam Belanja Online (Foto: ilustrasi)

youngster.id - Usaha kecil dan menengah (UKM) yang memanfaatkan platform e-commerce selama pandemi COVID, meremehkan pentingnya faktor keberlanjutan saat konsumen melakukan transaksi pembelian. Padahal, konsumen cenderung berbelanja online dari perusahaan dengan strategi ESG yang jelas.

Kesimpulan itu terungkap dari hasil survey FedEx Express. Survei bertajuk What’s Next in E-Commerce ini meninjau UKM dan konsumen di 11 pasar di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA) pada Juli 2022. Jajak pendapat tersebut mengeksplorasi perubahan secara terus-menerus pada e-commerce di kawasan tersebut dan mengidentifikasi tren yang dapat mendorong pertumbuhan mereka di masa depan.

Sebanyak 75% UKM yang telah disurvei mengatakan pelanggan mereka lebih tertarik untuk menerima barang secepat mungkin ketimbang berbelanja secara berkelanjutan. Jumlah yang sama, 73%, berpendapat bahwa barang dengan harga semurah mungkin lebih penting bagi pelanggan. Namun, pendapat dari konsumen menunjukkan kenyataan yang sangat berbeda.

Percepatan pertumbuhan e-commerce selama pandemi COVID-19 membuat kekhawatiran konsumen terhadap lingkungan juga terus tumbuh. Untuk sejumlah besar konsumen, masa depan planet ini adalah yang utama, dan mereka tidak ingin berkompromi – mereka menginginkan prouduk yang keberlanjutan dan pengiriman yang cepat. Di seluruh wilayah, 67% dari mereka yang disurvei menyatakan minat yang sama untuk menerima barang mereka dengan cepat seperti halnya keberlanjutan pada proses belanja online.

Sekitar 6 dari 10 (58%) orang Indonesia setuju bahwa mereka memilih sebuah produk atas dasar berkelanjutan atau ramah lingkungan.

Penelitian menunjukkan bahwa delapan dari 10 konsumen di AMEA mengharapkan perusahaan e-commerce yang menjadi tempat belanja mereka dapat mengejar model bisnis yang berkelanjutan. Tujuh dari 10 memilih untuk membeli dari perusahaan dengan strategi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) yang efektif – tetapi hanya 29% UKM yang benar-benar menerapkannya. UKM mengakui bahwa konsumen mengharapkan mereka untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan, akan tetapi banyak (68%) yang takut akan modal atau tidak yakin bahwa investasi apa pun di bidang ini akan menghasilkan keuntungan.

“Preferensi konsumen bergeser dari harga ke nilai. Saat ini, produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan berasal dari bahan dasar yang berkelanjutan menjadi prioritas saat berbelanja. UKM Indonesia perlu memanfaatkan temuan dari penelitian ini dan memperhatikan perubahan perilaku pelanggan mereka di seluruh dunia,” ujar Garrick Thompson, Managing Director FedEx Indonesia, Kamis (17/11/2022).

Bagi para UKM, menciptakan strategi ESG yang efektif adalah sebuah pencapaian yang ditujukan tidak hanya untuk individu, namun juga untuk banyak orang. Lebih dari 80% dari total emisi gas rumah kaca yang dibuat oleh perusahaan yang berhubungan dengan konsumen, pada umumnya berasal dari luar operasi internal mereka, sebagian besar berasal dari manufaktur dan di tempat lain dalam rantai pasokan mereka.

Sebagai penghubung dalam rantai, penyedia logistik memiliki peran dalam upaya menurunkan kemungkinan dampaknya pada planet ini guna membantu menyelaraskan harapan konsumen.

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: belanja onlineFedEx Expresskeberlanjutan
Previous Post

Garap Potensi Pertumbuhan B2B Commerce, B Capital Rilis Kampanye Video Berseri

Next Post

Presight AI dan Asa Ren Tingkatkan Performa Atletik melalui Teknologi AI, Analitik Big Data, dan Bioinformatika

Related Posts

perilaku belanja konsumen
Analyze

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport
news

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery
News

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Presight x Asa Ren

Presight AI dan Asa Ren Tingkatkan Performa Atletik melalui Teknologi AI, Analitik Big Data, dan Bioinformatika

Wahyoo Kitchen Partners

Wahyoo Hadirkan Kemitraan Untuk Pengadaan Bahan Baku Bagi Pelaku UKM Kuliner

Finnet x Kemekumham

Telkom melalui Finnet Permudah Implementasi Sistem e-Visa Ditjen Imigrasi Kemenkumham

Discussion about this post

Berita Terbaru

Threego

Threego Indonesia Group Tancap Gas Akselerasi Pertumbuhan Industri Kreatif Tanah Air

28 Januari 2023
0
perilaku belanja konsumen

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
kosmetik

Strategi Perusahaan Korea Menggarap Potensi Pasar Industri Kosmetik Indonesia

27 Januari 2023
0
Cakap x Telkomcel

Ekspansi ke Timor Leste, Edtech Cakap Gandeng Telkomcel

27 Januari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version