Festival 9.9 Super Shopping Day, Pembelian Naik 4 Kali Lipat

Peluncuran Festival 9.9 Super Shopping Day di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Peningkatan penetrasi perangkat mobile tetap menjadi faktor utama dalam mendorong pertumbuhan e-commerce. Hal itu dibuktikan oleh Festival 9.9 Super Shopping Day oleh Shopee. Festival ini menghasilkan peningkatan jumlah pembeli online dari seluruh Indonesia hingga 4 kali lipat.

“Festival 9.9 Super Shopping Day telah berhasil menorehkan sejarah baru dalam industri e-commerce Indonesia sebagai salah satu festival belanja online terbesar di Indonesia. Festival ini telah membantu mendorong peningkatan jumlah pembeli online bagi pelaku e-commerce dan penjual secara signifikan dalam waktu yang singkat. Kami berharap hasil Festival 9.9 Super Shopping Day dapat menginspirasi lebih banyak lagi para pelaku UMKM untuk go-online. Tingginya jumlah perdagangan online diharapkan dapat menjadi faktor pendorong utama untuk memajukan industri revolusi 4.0 dan guna mencapai target ekonomi digital Indonesia sebesar 130 miliar dolar AS di 2020”, ungkap Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia dalam keterangannya, Kamis (20/9/2018) di Jakarta.

Dalam mendukung UMKM lokal, 72,59% dari seluruh produk yang disediakan pada Festival 9.9 Super Shopping Day adalah produk lokal. Peningkatan penetrasi perangkat mobile tetap menjadi faktor utama dalam mendorong pertumbuhan e-commerce, dimana 92,79% orang Indonesia menggunakan perangkat mobile sebagai perangkat utama untuk berbelanja online.

Baca juga :   Algoritma Dirikan Akademi Ilmu Data Pertama di Indonesia

Sebagai inisiator Festival 9.9 Super Shopping Day, Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia mengatakan, pada tanggal 9 September 2018, Shopee mendapatkan lebih dari 5,8 juta pesanan dalam 24 jam di seluruh negara. Shopee Indonesia berkontribusi sebesar lebih dari 40% dari total transaksi tersebut.

“Hasil dari festival ini menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia masih berjalan dengan baik, terutama konsumsi belanja online. Kesuksesan kampanye ini menegaskan keyakinan kami terhadap potensi e-commerce di Indonesia, dan kami akan terus bekerja sama dengan mitra e-commerce lainnya guna memajukan industri e-commerce dengan memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi seluruh pengguna di Indonesia,” pungkasnya.

Festival belanja yang digelar pada 27 Agustus hingga 9 September 2018 diikuti oleh 14 e-commerce ternama, termasuk Berrybenka, Bhinneka, e-mas, Fabelio, HappyFresh, Hijabenka, Honestbee, Jakmall, Lemonilo, ORORI, Ruparupa, Shopee, ShopBack, dan VIP Plaza; Festival 9.9 Super Shopping Day diluncurkan dengan tujuan untuk mendorong revolusi industri 4.0 Indonesia melalui e-commerce. Gadget, Komputer & Aksesoris, Fashion Wanita, dan Fashion Pria adalah tiga kategori paling populer selama festival ini.

Baca juga :   Pelaku Industri Kreatif Perlu Inovasi Komersial

STEVY WIDIA