youngster.id - Perkembangan usaha kecil menengah (UKM) terutama usaha rintisan meningkat di Indonesia. Guna mewadahi hal ini, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM menggandeng startup dengan menggelar Wonderful Start-Up Academy (WSA).
“Geliat startup memang sangat besar. Makanya, banyak bermunculan para pelaku usaha kecil menengah yang siap ekspose di pasar domestik. Kami pun membantu mengemas bagaimana strategi memasarkan produk agar bisa bersaing dan menembus pasar domestik. Salah satunya lewat program WSA,” ujar Ahmad Zabadi, Direktur Utama LLP-KUKM dalam siaran pers baru-baru ini.
Menurut Zabadi program WSA telah dimulai sejak Januari 2017 dan telah diikuti sekitar 60 startup yang terpilih dan diikutsertakan dalam program mentoring. Di setiap sesi, para startup mendapatkan pelatihan dari narasumber yang kompeten. Di antaranya, Wisnu Dewobroto (Head of Trisakti University Business Incubator) dan Johanes Adi Purnama Putra (Manager Incubator Management Telkom).
“LLP-KUKM akan terus membantu mempromosikan dan memasarkan produk yang siap dipasarkan lebih global lagi,” ujar Zabadi. Dia berharap program WSA menjadi terobosan baru untuk membimbing para startup agar menghadirkan produk terbaik yang bisa dipasarkan dan dipromosikan lebih meluas lagi.
Sementara itu, dalam sesi kelas mentoring, Wisnu memberikan materi tentang customer validation. Dia memokuskan tentang pentingnya membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan customer. “Produk boleh sama, tetapi value yang diberikan harus berbeda. Value adalah sesuatu yang memang dibuat untuk customer, yaitu solusi yang kena banget,” ujarnya.
Wisnu menambahkan, potensi gagal bagi startup adalah hal yang tak bisa dihindari. Namun, startup akan sukses jika menerima feedback dari customer serta menghindari banyaknya asumsi. “Asumsi itu ya risiko. Jika terlalu banyak berasumsi dalam customer validation, kegagalan dalam bisnis akan semakin besar. Karena itu, yang paling penting adalah validated ideas atau business plan.”
Sementara itu, Johannes menyampaikan bahwa customer validation merupakan fondasi kuat bagi startup. Produk yang dibuat haruslah memecahkan permasalahan yang ada. Johannes pun meminta para startup untuk melakukan validasi ulang supaya bisa memastikan kekuatan fondasi. Hal ini, merupakan tahap pertama yang sangat penting dan harus diperhatikan.
Selanjutnya, kata dia, yang harus diperhatikan adalah product validation. Produk tidak harus komplet, bisa berupa prototype atau produk berskala kecil yang bisa diujikan kepada customer. Setelah customer mau memakai, berlanjut pada business model dan tahu cara menghasilkan uang melalui produknya.
“Setelah produknya tumbuh, perusahaannya pun harus tumbuh dan meningkat,” tambahnya. Materi inilah yang akan dipelajari dalam program WSA.
Menurut Johannes, dalam program WSA, framework yang ada di Telkom Indigo pun akan diterapkan di WSA dengan dilengkapi bermacam ilmu dan pelatih, topik, serta pembahasan beragam. Johannes berharap melalui program ini akan membangun ekosistem start-up.
Wonderful Start-Up Academy merupakan sebuah inkubasi startup dan program percepatan yang fokus bergerak di bidang tourism. WSA merupakan program yang dijalankan oleh International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Program ini didukung penuh oleh dua kementerian, yakni Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).
STEVY WIDIA
Discussion about this post