Festival Belanja Online Cetak Rekor Baru

Alibaba Festival. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - Festival Belanja Online 11.11 Alibaba yang digelar di seluruh penjuru Tiongkok dan dunia mencetak rekor baru. Total Gross Merchandise Volume (GMV) Festival Belanja Online 11.11 telah mencapai lebih dari RMB 154,1 miliar atau Rp 313,9 triliun.

Dilansir Media Center, Shanghai, pemecahan rekor ini sudah terlihat sejak pukul 13.00 waktu setempat. Jika tahun lalu total GMV sebesar RMB 120,7 miliar (US$ 17,8 miliar atau Rp 35,6 triliun) tercapai setelah 24 jam Festival Belanja Online 11. 11 dilaksanakan, tahun ini ankga tersebut sudah tercapai hanya dalam kurun 12 jam dengan 91% transaksi berasal dari smartphone.

Begitu pula dengan Alipay, aplikasi pembayaran online milik Alibaba ini mencapai rekor dunia terbaru dengan transaksi pembayaran sebanyak 256.000 per detik dalam 5 menit 22 detik setelah Festival Belanja Online 11.11 dimulai.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun lebih dari 10 persen. Sementara, Alibaba Cloud memproses sebanyak 325.000 pesanan per detik pada puncaknya dalam satu jam pertama festival belanja online.

Pada tahun kesembilan ini strategi utama Alibaba adalah menggabungkan belanja online dan offline yang disebut New Retail. Melalui konsep New Retail yang didukung teknologi seperti artificial inteligence (AI) dan augmented reality (AR), Alibaba menyajikan pengalaman berbelanja yang berbeda dan lebih meyenangkan bagi konsumen.

Single Day atau juga dikenal dengan sebutan ‘Hari Jomblo’ di Tiongkok adalah festival belanja online yang bertahun-tahun berhasil mengumpulkan lebih banyak penjualan daripada ajang Black Friday dan Cyber Monday.

Menurut perusahaan riset eMarketer Retail, Alibaba memanfaatkan event ini untuk memancing brand internasional untuk masuk ke platform-nya. Lebih dari 40 persen merek yang ikut meramaikan Single Day tahun ini berasal dari luar Tiongkok.

“Selain masih menargetkan konsumen dalam negeri, Single Day juga kian menyebar ke negara lain. Pemain lokal di Asia Tenggara seperti Lazada (anak perusahaan Alibaba), Zalora, dan Shopee juga meluncurkan promosi Single Day sendiri tahun ini,” kata Xiaofeng Wang, analis dari perusahaan riset Forrester.

Tahun ini, Alibaba menggelar festival tersebut dengan mendatangkan sejumlah selebritas internasional papan atas, seperti Pharrel Williams, Nicole Kidman, Maria Sharapova, Jessie J, dan lainnya.

STEVY WIDIA