youngster.id - Festival Jajanan Lokal Blibli pada rangkaian perayaan kemerdekaan bertajuk #PejuangLokal melibatkan 3.190 seller UMKM dan menyediakan lebih dari 57.000 produk kuliner termasuk jajanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.
Keberhasilan ini berhasil memecahkan rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM Terbanyak, yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).
Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli mengatakan, penghargaan MURI ini kami persembahkan bagi seluruh pelaku dan pegiat UMKM yang telah menjadi #PejuangLokal.
“Mereka adalah pejuang ekonomi nasional di era industri 4.0 yang telah gigih mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital agar tetap produktif meskipun banyak keterbatasan yang ditetapkan di saat pandemi,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (4/9/2021).
“Harapannya, pencapaian rekor MURI bisa menjadi semangat dan motivasi bagi Blibli untuk menjadi mitra strategis dengan stakeholder terkait UMKM Indonesia goes digital agar usahanya berkembang di platform kami menggunakan ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang pada akhirnya memutar roda ekonomi nasional,” tutup Andreas.
Dalam program Festival Jajanan Lokal ini, Blibli juga berkolaborasi dengan Tirta Lie, food blogger kuliner Indonesia, untuk menghadirkan kurasi 130 menu jajanan lokal. Pada festival kuliner daring ini tidak hanya menyajikan kuliner lokal dalam bentuk menu restoran, tapi juga termasuk camilan, kue basah, frozen food, hingga aneka minuman.
Ragam kuliner ini berhasil mendorong minat masyarakat sebagai #PejuangLokal untuk menikmati sekaligus mendukung transaksi produk kuliner lokal di Blibli. Ditegaskan oleh data yang tercatat bahwa, Festival Jajanan Lokal berhasil menggaet lebih dari 3.000 seller UMKM, terbanyak dari semua festival sebelumnya.
Berdasarkan data riset Blibli bersama Litbang Kompas dan Boston Consulting Group (BCG) tentang perkembangan UMKM di Indonesia, pelaku UMKM yang sudah go online bisa menghasilkan pendapatan 1,1 kali lebih tinggi dan meningkatkan potensi sebesar 2,1 kali lipat untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia, dibandingkan yang UMKM offline.
Blibli juga kembali menghadirkan program diskon lewat #AyoBelanjaSeru untuk pelanggan mengawali rangkaian festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) hingga akhir tahun nanti.
Project Lead Blibli #AyoBelanja Seru Deva Handayani mengatakan, program ini bertujuan untuk memenuhi segala preferensi tersebut, dengan kurasi produk yang beragam sesuai dengan kebutuhan pelanggan. “Belanja seru pun dapat dinikmati mulai hari ini, tanpa harus menunggu momen puncak Harbolnas di akhir tahun nanti,” katanya.
Program ini akan menghadirkan kurasi produk brand ternama, termasuk Nestle, LG, Sharp, Danone, Lego, Yamaha, Philips, dan dengan memberikan diskon spesial hingga 90%. Hadir juga Diskon Gercep 2x sehari yang menawarkan produk dengan harga mulai dari Rp 999 setiap jam 12 malam dan 12 siang. Serta program gamification Lucky 99, yang bisa diakses setiap hari untuk mendapat cashback 9x lipat hingga Rp 999.000.
STEVY WIDIA