Fintech Lending Salurkan 55% Pembiayaan ke Sektor Produktif

AFPI

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (Foto: istimewa)

youngster.id - Tren penyaluran pembiayaan di sektor produktif diyakini akan terus meningkat. Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengungkapkan, fintech lending mencatat rata-rata alokasi penyaluran pembiayaan ke sektor produktif sebesar 55% per bulan.

Berdasarkan catatan AFPI, tren penyaluran untuk sektor produktif memang relatif meningkat sepanjang tahun lalu. Pada Januari 2021, pembiayaan yang diterima sektor produktif baru 42% atau senilai Rp 3,98 triliun. Porsi pembiayaan mayoritas berbalik pada lini produktif pada Februari 2021 menjadi 52% atau senilai Rp 4,99 triliun.

Ketua Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Adrian Gunadi menyampaikan, penyaluran pembiayaan fintech lending pada sektor produktif menjadi penting untuk mendukung perkembangan dan kelangsungan bisnis UMKM. Pembiayaan yang diberikan digunakan pelaku usaha sebagai modal kerja, pembelian barang, dan lainnya

Kontribusi fintech lending mencatat bahwa rata-rata pendanaan ke sektor produktif hampir 55%. Hal itu menjadi signifikan, dimana fokus kami tidak hanya dari sisi konsumtif, bahkan akan lebih karena dari trennya terlihat perkembangan yang lebih besar di sektor produktif tersebut,” kata Adrian dalam keterangannya baru-baru ini.

Memasuki Juli 2021, pembiayaan produktif kembali meningkat secara nilai menjadi Rp 7,79 triliun namun secara porsi susut jadi 50%. Sejak saat itu, porsi pembiayaan produktif terus meningkat dan ditutup sebesar 66% per Desember 2021 senilai Rp 8,96 triliun.

Adrian menegaskan, dampak fintech lending kepada UMKM tidak bisa dipungkiri. Manfaat pinjaman fintech lending di sektor produktif diantaranya membantu proses produksi, berkontribusi pada kinerja usaha, meningkatkan keuntungan, ekspansi bisnis, dan lainnya sesuai hasil survei DSInnovate. Selain itu, 75,7% UMKM masih membutuhkan akses pendanaan dan fintech lending menjadi alternatif menjawab kebutuhan tersebut.

“Hampir sebagian besar atau 84,5% pembiayaan digunakan untuk modal kerja, sehingga fokus industri untuk menciptakan dampak positif kepada UMKM tersebut perlu ditingkatkan,” ujarnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version