youngster.id - Ekosistem e-sport di tanah air mulai berkembang. Hal itu terlihat dari semakin banyak turnamen dan atlet Esport yang bermunculan. Untuk mendukung itu, PT Link Net Tbk lewat First Media bekerjasama dengan berbagai stakeholder eSports.
Marlo Budiman, Chief Executive Officer PT Link Net Tbk mengungkapkan dukungan terhadap perkembangan eSports yang dilakukan oleh First Media merupakan dalam rangka memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekosistem eSports di Indonesia.
“Saat ini perkembangan eSports di Indonesia semakin maju, dan membutuhkan dukungan berbagai pihak agar terus tumbuh dan memfasilitasi generasi milenial untuk berkembang. Ini sesuai dengan data IDN Research Institute mengenai Indonesia Millennial Report tahun 2019 dimana sebanyak 40,7% milennial mengunduh online games di Smartphone mereka,” ucap Marlo di sela-sela Final Piala Presiden eSports Minggu (31/3/2019) di Istora Senayan Jakarta.
Menurutnya, langkah ini dilakukan First Media dalam upaya terus mendukung perkembangan industri eSports dan mendukung program pemerintah agar eSports dapat menghasilkan tidak hanya prestasi, tetapi juga menghasilkan dari sisi ekonomi. Sehingga menjadi stimulan bagi para pelaku industri kreatif.
“Dengan dukungan First Media saat ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama berbagai partner dan juga pemerintah melalui kerjasama sebagai Official Internet Provider dalam berbagai event eSports di berbagai wilayah di Indonesia dengan koneksi internet yang cepat dan stabil,” ucap Marlo lagi.
Dukungan terhadap eSports telah dilakukan First Media dalam bentuk menjadi sponsor dan Official Internet provider untuk penyelenggaraan turnamen eSports di berbagai wilayah di Indonesia. Selain Piala Presiden eSports juga Turnamen PUBG Mobile di Batam, First Battle Games Competition di Bandung serta Gaming Experience di Medan pada April 2019.
First Media juga menyediakan produk khusus untuk penggemar game yaitu paket Game Xpert. Dengan paket ini, penggemar game akan mendapatkan koneksi prioritas khusus ke game publisher yang telah bekerjasama yakni Garena, Megaxus dan Gravindo, untuk mendapatkan latency yang lebih baik dan upload speed yang lebih cepat,” katanya menambahkan.
Lebih dari itu, dukungan yang diberikan First Media terhadap industri ini juga melihat fenomena eSports yang terus berkembang dengan pesat. Penetrasi pengguna online games di Indonesia berdasarkan data Statista 2019 diperkirakan mencapai 8.7% pada 2019 dan mencapai 12.4% pada 2023. Untuk segmen online games, jumlah pengguna diperkirakan akan mencapai 34,6 juta pada 2023. Sedangkan untuk penetrasi mobile game penggunanya mencapai 26.5% pada 2019 dan diharapkan akan mencapai 36.8% (102.9 juta) pada tahun 2023.
“Dengan membawa campaign tagline kami yang baru “A Journey of Togetherness”, First Media terus mendukung berbagai kegiatan eSports melalui kerjasama dengan berbagai kalangan untuk mendukung perkembangan ekosistem eSports di Indonesia dan menjangkau pasar yang lebih luas terutama generasi milenial. Kami mau memberikan pengalaman yang lebih lagi untuk kebersamaan dengan keluarga, teman maupun komunitas,” tutup Mario Marlo.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post