youngster.id - Pada tahun 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 12,79%, yaitu mencapai 178,94 juta, jika dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta. Pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksi akan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023.
Di sisi lain kebutuhan masyarakat semakin banyak dan beragam. Hal ini mendorong Tokopedia berinovasi dengan menghadirkan sejumlah fitur baru untuk mendukung masyarakat dapat belanja online lebih mudah dan murah.
Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia Helena mengatakan, Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III 2023, antara lain Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari/Groceries (seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh).
“Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yaitu ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, dan ‘Buy More Save More’ atau Beli Banyak Lebih Hemat,” ungkap Helena dalam jumpa pers virtual, Selasa (21/11/2023).
Helena menjelaskan, dengan fitur-fitur baru ini masyarakat bisa belanja online lebih hemat, baik dari segi waktu dan ongkir dan lebih mudah.
“Lewat fitur ini, masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus,” ucapnya.
Menurut Product Manager Senior Lead Tokopedia Hefrian Syah, fitur ini bermula dari adanya kebutuhan dari pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus. Untuk itu hadir fitur ‘Multiple Product Search’.
“Dengan ini proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir,” tambah Hefrian.
Sementara fitur baru ‘Beli Banyak Lebih Hemat’, berdasarkan kebutuhan dari penjual untuk memberikan manfaat tambahan di setiap transaksi serta mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak produk.
“Fitur ini memungkinkan masyarakat bisa membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual. membangun fitur yang relevan. Contohnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dan seterusnya” kata Helena.
Fitur ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan. Makin banyak produk yang dipilih, maka makin besar diskon yang bisa didapatkan oleh pembeli.
Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia juga menghadirkan kampanye WAR Diskon Tokopedia setiap hari pukul 14.00 WIB, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah. Selain kampanye WAR Diskon Tokopedia, ada juga festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, dan Kejar Diskon yang menghadirkan berbagai produk dengan diskon spesial.
“Tokopedia di sisi lain akan terus menghadirkan berbagai inovasi dan kampanye agar masyarakat bisa belanja online lebih terjangkau demi mendukung animo masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya secara online,” tutup Helena.
Fitur-fitur ini terbukti memberikan dampak positif bagi pengguna Tokopedia. Contohnya Leona Agustine, seorang content creator sekaligus pengguna Tokopedia. “Lewat fitur ini, saya merasa lebih mudah mencari berbagai produk yang dibutuhkan tanpa harus mencari di toko yang berbeda. Saya juga bisa menghemat waktu yang biasa dihabiskan untuk mencari produk dan juga bisa lebih hemat dari segi ongkir karena berbagai kebutuhan yang dicari bisa dibeli dari satu toko saja,”katanya.
Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia. Dengan WAR Diskon, Tokopedia mendapat rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023.
STEVY WIDIA
Discussion about this post