Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Fitur Chat Disukai Pembelanja Online

28 Oktober 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
Tingkatkan Kualitas Akses ke Facebook, XL Pindahkan Duplikasi Server Ke Indonesia

Pengguna Facebook. (Foto: ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Belanja online telah menjadi tren di masyarakat Indonesia. Dalam kegiatan ini, ternyata banyak yang menyukai fitur berkomunikasi melalui aplikasi pesan. Riset Facebook dan Boston Consulting Group menunjukkan, 91% masyarakat Indonesia yang disurvei berminat belanja online setelah melakukan conversational commerce atau percakapan dagang (chat) di aplikasi perpesanan maupun situs e-commerce.

“Di Indonesia kami melihat orang-orang melakukan conversational commerce karena dapat menggabungkan berbagai keutamaan berbelanja baik offline maupun online melalui interaksi yang didapatkan untuk membangun kepercayaan, kemudahan dan kenyamanan,” ungkap Sarita Singh Direktur Grup Bisnis Global untuk Facebook di Asia Tenggara dan Negara Berkembang, dalam keterangannya, Senin (28/10/2019) di Jakarta.

Dia menerangkan, Facebook dan Boston Consulting telah melakukan survei terhadap 1.112 responden di Indonesia pada Mei hingga Agustus 2019. Hasilnya menunjukkan, masyarakat Indonesia memiliki tingkat kesadaran tinggi terhadap fitur percakapan dagang. Sebanyak 62% responden menjawab mereka mengetahui dapat memesan atau membeli produk melalui fitur chat, 48% responden pernah menggunakan fitur chat sebelum membeli barang dan 29% responden akhirnya melakukan transaksi setelah memakai fitur percakapan dagang.

Studi ini juga menunjukkan, fitur percakapan dagang menciptakan konsumen online baru di Indonesia. Sebab, 43% responden menyatakan percakapan dagang menjadi hal yang pertama yang mereka lakukan sebelum memutuskan belanja online. Pada sebuah studi online lain bertajuk “Studi liburan Facebook 2019” oleh Ipsos Marketing, juga mengungkapkan 94% masyarakat Indonesia yang disurvei kemungkinan besar membeli produk dari penjual yang bisa dihubungi lewat fitur chat.

Baca juga :   Instagram Raup Iklan Rp274 Triliun Sepanjang 2019

Survei itu juga menerangkan, 61% responden melakukan percakapan dengan penjual untuk mengetahui informasi tambahan mengenai produk ataupun harga, 37% responden melakukan percakapan untuk mendapatkan respons cepat, 37% responden melakukan chat karena tertarik terhadap merek atau menawar harga dan 25% lainnya untuk meminta saran.

“Conversational commerce sangat menarik karena perilaku ini melintasi berbagai ekosistem. Contohnya, karena pengguna melihat iklan di sosial media, mereka bisa melalukan percakapan dengan penjual melalui aplikasi yang ada atau melalui laman daring penjual,” ujar Shiv Chouldry Partner and Managing Director BCG.

Berdasarkan media percakapannya, di Indonesia pembeli melakukan chat dengan penjual online 58% di platform e-commerce diikuti perbincangan di media sosial dan perpesanan sebanyak 38% responden dan hanya 4% yang melakukan chat langsung di website penjual. Dari 38% pengguna yang melakukan conversational commerce di media sosial, 91% responden mengaku menggunakan produk Facebook, seperti Instagram dan WhatsApp.

Baca juga :   Anak Muda Harus Sigap Di Era Industri Kreatif


STEVY WIDIA

Tags: belanja onlineBoston Consulting Group (BCG)Facebookriset
Previous Post

Growback, Aplikasi Pendukung Ekonomi Pedagang Keliling

Next Post

BRI Ventures Bangun Portofolio Startup

Related Posts

Instagram Reels
News

Pengguna Instagram Sudah Capai 3 Miliar

26 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
belanja online
Analyze

Mitgo: Dikontribusi Fashion, Belanja Online Indonesia Tunjukkan Pertumbuhan Pesat

27 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
BRI Ventures Bangun Portofolio Startup

BRI Ventures Bangun Portofolio Startup

Bangunan Pintar Dengan Teknologi IoT

Ancaman Siber Serang Lebih dari 100 Juta Perangkat IoT

Gandeng UMKM, Pengguna DANA Naik 50%

DANA Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif di Daerah

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version