youngster.id - GoPay memperkenalkan fitur GoPay Spiker di aplikasi GoPay Merchant. Fitur ini membantu pelaku usaha, khususnya UMKM, dalam mendeteksi dan mencegah penipuan pembayaran digital atau transaksi QRIS palsu.
Head of Merchant Services GoPay, Haryanto Tanjo mengatakan, fitur GoPay Spiker dirancang untuk memberikan notifikasi suara secara real-time saat transaksi QRIS berhasil dilakukan.
“GoPay Spiker memang kami hadirkan untuk menjawab tantangan yang kerap dihadapi para pelaku usaha UMKM. Banyak yang khawatir dengan modus penipuan transaksi digital, khususnya dalam menerima transaksi via QRIS,” katanya dikutip Kamis (31/7/2025).
Menurut Haryanto, aplikasi GoPay Merchant tidak hanya menghadirkan fitur notifikasi suara, tetapi juga menawarkan berbagai keunggulan lain. Seperti pendaftaran dan penerbitan QRIS secara mudah dan gratis. Lalu, bebas potongan biaya transaksi QRIS (MDR 0%), fleksibilitas waktu penarikan dana hasil usaha, serta pencairan dana gratis ke seluruh bank di Indonesia.
“Penggunaan aplikasi seperti GoPay Merchant dapat menjadi solusi penting untuk memperkuat keamanan dalam bertransaksi digital khususnya di kalangan pengusaha kecil,” katanya.
Sebelumnya, di media sosial beredar sebuah video yang menunjukan seorang penjual kelontong lolos dari upaya penipuan dari pelanggan yang menggunakan bukti transaksi QRIS palsu. Dalam video berdurasi sekitar dua menit tersebut, pelanggan berupaya memperdaya penjual dengan menunjukkan bukti pembayaran melalui aplikasi editan.
Namun, penjual langsung menyadari ada kejanggalan karena tidak terdengar suara notifikasi dari fitur GoPay Spiker, fitur andalan dari aplikasi GoPay Merchant. Karena, GoPay Spiker akan memberikan notifikasi suara real-time saat transaksi QRIS berhasil, termasuk jumlah nominal yang dibayarkan.
Berkat fitur ini, penjual dengan sigap menolak memberikan barang dagangannya karena tak mendengar suara konfirmasi yang muncul setiap transaksi sah.
Apalagi ketika penjual beberapa kali meminta sang pelanggan memperlihatkan bukti transaksi secara jelas. Tetapi, pelanggan tersebut justru berbelit-belit dalam memberikan jawaban.
Menyadari adanya upaya penipuan, penjual menegaskan bahwa dirinya tidak bisa ditipu karena mengandalkan suara dari GoPay Spiker.
“Saya nggak bisa dibohongin, ini langsung bunyi. Nah, langsung bunyi ada CCTV. Nah kan kamu mau bodoh-bodohin saya nggak bisa,” ujar sang penjual tegas dalam video tersebut. Aksi sigap ini langsung mendapat respons positif dari warganet yang memuji kewaspadaan penjual serta pentingnya menggunakan sistem pembayaran digital yang dilengkapi fitur keamanan tambahan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post