youngster.id - Membeli gadget secara online semakin lazim dilakukan, baik untuk membeli produk smartphone, tablet, hingga laptop. Asuransi gadget (gadget insurance) merupakan salah satu produk asuransi yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia.
Seiring dengan meningkatnya penetrasi digital di Indonesia, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan aktivitas belanja online. Survei dari We Are Social pada April 2021 lalu mencatat bahwa 88,1% pengguna internet di Indonesia merupakan pengguna e-commerce. Persentase ini sekaligus menandakan Indonesia sebagai negara dengan pengguna e-commerce tertinggi di dunia. Gaya hidup yang menjadi serba digital ini juga membawa pengaruh terhadap pola konsumsi asuransi masyarakat. Hanya dengan satu klik, seseorang dapat memperoleh perlindungan, baik untuk dirinya sendiri, maupun barang yang dimiliki seperti gadget.
Menurut Adi Darmaputra, Director of Partnership PasarPolis, ke depannya tren asuransi akan bergerak ke produk yang lebih personal dan mengikuti kebutuhan unik serta melekat di kehidupan sehari-hari masyarakat luas. Hal ini sudah tercermin dengan meningkatnya minat masyarakat akan perlindungan gadget yang tercatat oleh PasarPolis.
“Kami juga terus memperluas distribusi, di antaranya dengan memperkuat kemitraan strategis dengan berbagai pihak, terutama di ekosistem digital seiring dengan perubahan preferensi konsumen yang menjadi serba digital,” ujar Adi, dalam keterangan pers (25/11/2021).
Melihat tingginya kebutuhan masyarakat akan perlindungan terhadap gadget, PasarPolis bekerja sama dengan Shopee menghadirkan produk asuransi gadget dan cracked-screen sejak Agustus 2021 lalu. Langkah ini pun menjadi kerja sama pertama bagi Shopee dalam menghadirkan proteksi gadget di platformnya. Seluruh jenis gadget dari beragam brand yang tersedia di Shopee, dapat memperoleh proteksi asuransi ini tanpa terkecuali.
“Kami percaya kerja sama strategis dengan Shopee ini mampu meningkatkan efektivitas serta kemudahan dalam berasuransi serta mampu memperluas akses asuransi bagi masyarakat mengingat jangkauan Shopee yang luas,” ucap Adi.
Sementara itu, Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee, menyambut baik kerja sama dengan PasarPolis dalam menghadirkan asuransi proteksi gadget yang dapat memberikan rasa aman bagi pengguna, khususnya saat berbelanja produk gadget.
“Sebagai upaya untuk memberikan pengalaman belanja online bagi pengguna, kami berharap kerja sama ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna khususnya dalam memberikan akses mudah terhadap pengguna untuk mendapatkan perlindungan lebih dalam setiap pembelian produk gadget di Shopee. Selain berkesempatan mendapatkan proteksi gadget PasarPolis untuk beberapa produk pilihan pada tanggal 25 – 27 November, pengguna juga dapat menikmati rangkaian penawaran menarik lainnya di Shopee Mantul Sale sebagai bagian dari kampanye 12.12 Birthday Sale,” pungkas Daniel. (*AMBS)