Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Garuda Genjot Pendapatan Lewat Digitalisasi

5 Agustus 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Garuda Genjot Pendapatan Lewat Digitalisasi

M. Arif Wibowo Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Foto: GarudaIndonesia/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pasar e-commerce di Indonesia terus tumbuh. Diperkirakan ada 51 juta konsumen digital di negeri ini. Untuk itu, sejumlah perusahaan mendorong kegiatan bisnis mereka untuk meraih pendapatan melalui digitalisasi. Termasuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Maskapai penerbangan ini akan memperluas akses penjualan secara elektronik atau “e-commerce”.

M. Arif Wibowo Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, mengatakan saat ini saluran distribusi atau “distribution channel” pembelian tiket melalui media digital atau elektronik masih 22 %, dibandingkan nondigital 78 % di Triwulan II Semester I 2016.

“Saya belum menaruh target besar karena ini merupakan proses panjang, tapi kalau bisa 30 % sampai akhir tahun ini,” kata Arif baru-baru ini.

Dia menjelaskan dengan memperluas saluran distribusi melalui “platform” digital, seperti situs atau aplikasi di telepon genggam, maka pelanggan akan semakin “dekat” secara personal.

Baca juga :   Antam Rencana Jual Emas Lewat e-Commerce

“Semakin individual seseorang dalam bertransaksi, dia semakin loyal dan pada saat yang bersamaan, kita akan tempel dengan ‘values’ yang lebih serta kemudahan-kemudahan lainnya,” katanya.

Dia mencontohkan sistem penghitungan mil penerbangan atau “mileage” pada Garuda Frequenty Flyer, bisa dimanfaatkan untuk dihubungkan ke bank-bank atau institusi lain.

“Semakin mudah kita ‘tempel’, semakin banyak ‘values’ yang diberikan kepada pelanggan yang tidak bisa dimiliki oleh maskapai lain,” katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, bisa menggenjot pendapatan ke perseroan, terlebih dengan membuka kerja sama dengan mitra bisnis, seperti bank.

Namun menurut dia, penggunaan berbasis digital masih sangat kurang, bukan hanya domestik, tetapi juga di pasar internasional, yaitu di Australia, Jepang, Korea, Tiongkok dan Eropa.

Baca juga :   Startup Indonesia Gelar Seminar di ShanghaiTex 2017

“Ini pun bukan hanya di domestik saja yang kurang menggunakan ‘web-based’ (berbasis situs), tetapi di Australia, Jepang, Korea, China dan Eropa masih kecil porsinya,” katanya.

Arif juga tidak akan berfokus pada pasar penumpang, tetapi juga pasar kargo yang harus difasilitasi sistem penjualan elektroniknya.

“Salah satu yang menghasilkan pendapatan adalah dari ‘ancillary business’ (bisnis pendukung), seperti kargo, tapi harus ditopang dengan ‘e-commerce’ yang kokoh,” katanya.

Dia menambahkan tidak tertutup kemungkinan bagi Garuda untuk menjalin usaha patungan (joint venture) dengan perusahaan layanan kurir dalam upaya tersebut.

“Agar ‘digitalizing’ bukan hanya ‘port to port’ (dari pelabuhan ke pelabuhan) tapi dari ‘port to door’ (pelabuhan ke pintu) dan ‘door to door’ (pintu ke pintu),” katanya.

Baca juga :   Hyperlocal Tokopedia Dorong Peningkatan Transaksi di Berbagai Wilayah Antarpulau

Pasalnya, dia mengatakan kargo telah menjadi pondasi perusahaan pada 2016 karena berkontribusi pada pendapatan selama Semester I 2016.

Pendapatan dari kargo naik delapan persen atau naik menjadi 107,78 juta dolar AS atau naik delapan persen dari 99,8 juta dolar AS pada periode yang sama 2015.

Sedangkan, penumpang yang diangkut 16,6 juta penumpang dengan tingkat ketepatan waktu penerbangan (OTP) 91,3 persen pada Semester I 2016.

STEVY WIDIA

Tags: e-commercePT Garuda Indonesia (Persero) Tbktransaksi digital
Previous Post

Tim UB Buat Alat Deteksi Dini Diabetes

Next Post

Awas Ada Tiket Palsu Olimpiade Rio de Janeiro

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Awas Ada Tiket Palsu Olimpiade Rio de Janeiro

Awas Ada Tiket Palsu Olimpiade Rio de Janeiro

Laman Ini Agar Perempuan Melek Teknologi

Laman Ini Agar Perempuan Melek Teknologi

Twitter Indonesia Hadirkan BlueRoom

Twitter Indonesia Hadirkan BlueRoom

Discussion about this post

Recent Updates

WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version