Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Generasi Muda Gandrungi Startup

27 April 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Generasi Muda Gandrungi Startup

Generasi muda mulai menggandrungi startup dan e-commerce. (foto : ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Era digital telah menumbuhkan bisnis e-commerce dan start-up di Tanah Air. Generasi muda yang melek teknologi pun menggandrungi bisnis berbasis teknologi digital ini. Dalam mengembangkan e-commerce, entrepreneur juga butuh persiapan. Salah satunya, bisa dimulai sejak berada di lingkungan perguruan tinggi.

Dosen dari Fakultas Bisnis University of Technology Sydney (UTS), Dr Nigel Bairstow mengungkapkan, generasi muda menjadi aktor yang sangat potensial di industri e-commerce di Indonesia. Dan industri ini akan terus berkembang saat negara tersebut memanfaatkan pertumbuhan jumlah start-up lokal dan internasional.

“Seiring dengan perkembangan industri e-commerce, akan ada lebih banyak investor yang melihat kesempatan dari pertumbuhan yang ditawarkan start-up lokal. Artinya, akan ada kesempatan besar bagi generasi muda Indonesia untuk berkontribusi pada industri ini,” kata Nigel dalam pernyataan resmi, Selasa (26/4/2016) di Jakarta.

Dia menjelaskan, berdasarkan data dari asosiasi World Economic Outlook Internet Service Providers, potensi pasar e-commerce Indonesia naik dua kali lipat dari Rp12 triliun pada 2014 menjadi Rp25 triliun pada 2016. Bahkan, Indonesia juga memiliki jumlah pengguna smartphone tinggi.

Baca juga :   Kepuasan Pelanggan Ala GO-JEK

“Smartphone menjadi platform dalam menggunakan transaksi online dalam negara. Dengan penetrasi smartphone yang diprediksi mencapai 100 juta pengguna beberapa tahun mendatang, Indonesia dapat menjadi salah satu pasar e-commerce yang dinamis di kawasannya,” terangnya.

Nigel menjelaskan, dalam mengembangkan e-commerce, entrepreneur juga butuh persiapan. Salah satunya, bisa dimulai sejak berada di lingkungan perguruan tinggi. Kampus harus memberikan wadah supaya para mahasiswa bisa menuangkan ide-ide kreatifnya. Mata kuliah dirancang dengan model yang lebih aplikatif dan variatif. Bahkan, mata kuliah dari fakultas lain bisa dipelajari dan saling terintegrasi jika keduanya berkesinambungan.

“Kami ingin menyiapkan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. Selain kreatif mereka juga harus berani ambil risiko dan berpikir out of the box,” tuturnya.

Baca juga :   HUB.ID Summit X Nexticorn 2023, Bahas Kalibrasi Ulang Strategi Industri Startup Teknologi dan Teknologi Masa Depan

Minat tinggi kaum muda dalam mengembangkan e-commerce, imbuh Bairstow, harus diimbangi dengan penyesuaian diri mereka terhadap industri tersebut. Sehingga, butuh kemampuan dan kualifikasi agar dapat memposisikan mereka sebagai salah satu kunci dari suatu pasar online.

“Generasi muda akan dengan mudah menyesuaikan diri terhadap industri ini. Di UTS:INSEARCH dan UTS, banyak murid kami yang sudah mengembangkan ide bisnis mereka ketika sedang belajar, yakni dengan terjun dalam inovasi yang dinamis dan bidang kreatif sekitar kampus. Sehingga saat lulus, banyak yang memulai bisnis mereka sendiri,” tandas Bairstow.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commercegenerasi mudaperguruan tinggistartupwirausaha
Previous Post

Pianis Muda Michelle Widjaya Pukau Publik Australia

Next Post

Roadmap E-Commerce Jadi Kekuatan Digital Ekonomi

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup
Headline

Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
Load More
Next Post
aplikasi e-commerce

Roadmap E-Commerce Jadi Kekuatan Digital Ekonomi

ITB Bangun Ruangan Tanpa Gema Pertama di Indonesia

ITB Bangun Ruangan Tanpa Gema Pertama di Indonesia

Destinasi Wisata Baru Gaet 11 juta Wisman

Destinasi Wisata Baru Gaet 11 juta Wisman

Discussion about this post

Recent Updates

Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version