Gerakan #NyalakanIndonesia Kampanyekan Edukasi Keuangan Bagi Milenial

Acara gerakan #NyalakanIndonesia di Monas Area Barat Jakarta Minggu (18/8/2019) malam. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan terakhir yang dikeluarkan OJK mendapati, kurang dari 30% orang Indonesia yang berstatus melek keuangan. Bahkan generasi millenial saat ini lebih memilih investasi jangka pendek yang akan digunakan untuk belanja dan traveling. Dan hanya 10,7% dari pendapatan generasi milenial yang ditabung.

Berangkat dari itu, Bank OCBC NISP Menggelar gerakan #NyalakanIndonesia. Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP mengatakan melalui gerakan ini mengajak masyarakat, terutama generasi milenial untuk memerdekakan diri dari rasa takut, ragu dan tidak percaya diri agar dapat meraih aspirasinya dengan perencanaan keuangan yang baik.

“Sejauh ini, selama semester 1 2019 kami secara aktif melakukan edukasi keuangan bagi lebih dari 1.400 masyarakat Indonesia. Tidak hanya edukasi, kami pun telah menyiapkan solusi NYALA dari Bank OCBC NISP yang dapat menjadi solusi menyeluruh untuk kebutuhan perbankan pribadi maupun bisnis dari nasabah kami. Kami berharap, seluruh inisiatif yang dihadirkan oleh Bank mampu membangun semangat untuk bekerja keras dan berprestasi demi mewujudkan ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’,” ungkap Parwati di acara gerakan #NyalakanIndonesia Minggu (18/8/2019) di Monas, Jakarta.

Baca juga :   Asset Link Protector, Kolaborasi Great Life Indonesia dan Bank OCBC NISP

Gerakan #NyalakanIndonesia sekaligus memperingati HUT Republik Indonesia ke-74. Pada kesempatan itu ditampilkan rapper sekaligus produser dan penulis lagu, Rich Brian. Rich Brian berhasil meraih cita-citanya menjadi artis Asia pertama yang menduduki posisi puncak di iTunes untuk musik hip-hop. Kisah perjuangan Rich Brian sebagai orang Indonesia yang berjuang hingga dapat bersinar di kancah internasional ini dituangkan dalam lagu terbarunya yang berjudul KIDS.

Menurut Parwati, Rich Brian merupakan contoh seseorang yang memiliki semangat tidak ada yang tidak bisa. Dengan semangat ini, Rich Brian berhasil menyalakan Indonesia di kancah internasional. “Melalui ini kami ingin mengajak lebih banyak anak bangsa untuk tidak mudah menyerah, mau kerja keras dan punya tekat yang kuat untuk meraih aspirasinya dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa,” ujar Parwati.

Rich Brian dalam interview-nya di video TAYTB Chronicles menceritakan pengalamannya saat pertama kali datang ke Amerika di umur 17 tahun dan melalui lagu berjudul KIDS.

“Dari Indonesia dan jadi rapper Asia di Amerika, saya pernah merasa ‘Benarkah saya pantas di sini?’, ‘Apakah benar ini yang harusnya saya lakukan?’. Tetapi hal ini justru lebih memotivasi saya untuk bisa membuktikan ke orang lain dan ke diri saya sendiri bahwa saya seorang seniman. Jadi, jangan batasi dirimu sendiri. Kamu bisa membuat sesuatu hal yang baru, yang bahkan orang-orang belum pernah lihat sebelumnya. Karena kita bisa meraih lebih dari apa yang kita bayangkan” ucapnya Rich Brian.

Baca juga :   Bank OCBC NISP Ajak Generasi Muda Raih Sukses

Gerakan #NyalakanIndonesia di awali dengan dinyalakannya instalasi lampu berbentuk peta Indonesia dan NyalakanIndonesia sebagai bagian dari “Monas Week, Festival of Light” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama 10 hari dari tanggal 15 – 25 Agustus 2019.

 

FAHRUL ANWAR