Gerakan Pentahelix Salurkan 5 Juta Masker Medis Untuk 20 Wilayah di Indonesia

Kampanye gerakan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis yang diinisiasi oleh GP Ansor dan Aice Group di Kantor Staf Presiden RI. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko membuka serial kampanye gerakan distribusi dan edukasi penggunaan 5 juta masker medis yang diinisiasi oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group yang diawali di Jakarta. Akan ada 20 kabupaten dan kota menjadi wilayah sasaran utama kampanye ini.

“Pemerintah meyakini pendekatan Pentahelix yang melibatkan pemangku kepentingan dari lima pilar akan memunculkan gerakan yang alami dan efektif dalam mencegah penularan covid-19 di Indonesia. Kombinasi peran swasta yang dibarengi kearifan lokal dari komunitas dan sinergi dengan GP Ansor ini akan menjadi dorongan perbaikan pengelolaan pandemi ini,” ungkap Moeldoko pada acara Gerakan Pentahelix 5 Juta Masker Medis yang disiarkan secara online Rabu (14/10/2020) di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Dia memaparkan pihaknya akan selalu memantau bagaimana perkembangan positif dari kampanye yang dilakukan tersebut. Menurutnya, Gerakan 3-M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak, akan terus digalakkan di tengah masyarakat. Agar mampu menekan laju penularan virus covid-19.

“Kami di KSP akan selalu melakukan pengawasan di perkembangan gerakan 3M. Berbagai langkah untuk debottlenecking masalah di lapangan, evaluasi, maupun penyampaian logistik masker sebagai salah satu infrastruktur penting gerakan, akan kami jalankan. Kami harap kampanye GP Ansor dan Aice Group ini makin memperkuat kolaborasi pentalix kita bersama,” jelas Moeldoko.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kombinasi gerakan kultural yang masif dan riil di masyarakat disertai dengan dukungan logistik masker dari Aice Group ini untuk memperbaiki kondisi pandemi di akar rumput masyarakat Indonesia. “Kami mengapresiasi dukungan Aice terhadap gerakan bersama ini. Mudah-mudahan kerja bareng ini akan dapat memperbaiki manajemen pandemi kita ini,” jelas Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Sementara itu Juru Bicara Aice Group, Sylvana, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh perusahaannya merupakan bagian dari kampanye besar bersama GP Ansor yang dijalankan sejak awal Pandemi, April lalu.  Masker SHIELD diproduksi di pabrik baru termodern Aice Group di Mojokerto, Jawa Timur ini akan didistribusikan bersamaan dengan paket Vitamin C dan suplemen pendukung lain untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang disasar.

“Kampanye 5 juta masker medis yang kami jalankan bersama berbagai elemen dari pentahelix ini menjadi lanjutan dedikasi kami melawan pandemi. Ada sekitar 15 juta masker lain yang kami distribusikan juga bersama 200 ribu UMKM kami melalui edukasi pencegahan Covid 19 dan promosi. Masker medis ini merupakan masker yang tidak diperjualbelikan, kami produksi khusus untuk program CSR,” jelas Sylvana, yang menjabat Brand Manager Aice Group.

Tercatat, wilayah sasaran tersebut adalah Jakarta, Bogor, Cirebon, Bandung, Rembang, Semarang, Pekalongan, Surabaya, dan Ambon yang masuk dalam aktivitas kampanye dilanjutkan dengan Palembang, Medan, Batam, Yogyakarta, Malang, Kudus, Denpasar, Manado, Banjarmasin, Madiun dan Makassar.

 

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version