Kemenparekraf dan Aice Kerja Sama Pelestarian Kuliner Asli Indonesia

Kemenparekraf x Aice

Kemenparekraf dan Aice Group jalin kerja sama untuk pelestarian kuliner asli INdonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Dengan adanya pola bisnis keberlanjutan, akhirnya muncul pula bisnis makanan kekinian di Indonesia.

Menangkap fenomena tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Aice Group mengumumkan kerja sama dalam program pelestarian kuliner asli Indonesia.

Pada kesempatan ini, keduanya mengkolaborasikan co-branding “Wonderful Indonesia” dengan inovasi warisan Indonesia yang muncul dalam es krim Aice Mochi Klepon.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya, menuturkan penguatan promosi kuliner asli Indonesia dapat mendorong pengembangan industri kreatif sekaligus dapat melengkapi promosi destinasi pariwisata Indonesia.

Menurutnya, kuliner asli yang dijaga dan dikembangkan oleh masyarakat akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan baik domestik, maupun mancanegara. Terlebih lagi bagi pariwisata Indonesia yang banyak menjual daya tarik budaya dan tradisinya. Hal ini sangat sejalan dengan langkah promosi wisata dari Kemenparekraf, melalui brand Wonderful Indonesia.

“Kekuatan kuliner kita adalah salah satu aspek penting dalam sektor ekonomi kreatif Indonesia dan penguatan citra Wonderful Indonesia. Kami mengapresiasi Aice yang mendukung promosi kuliner asli Indonesia melalui kreasi jajanan tradisional Klepon dengan Ice Cream Mochi, menjadi produk Aice Mochi Klepon. Kami harapkan semakin banyak kreatifitas dalam penyajian kuliner asli Indonesia kedepannya, seperti produk baru dari Aice yang hari ini Kami luncurkan,” jelas Nia dalam acara peluncuran program pelestarian kuliner asli Indonesia yang disiarkan secara virtual Rabu (15/12/2021).

Sebagai produsen es krim nasional, Aice menilai bahwa kombinasi inovasi dan teknologi produksi es krim mutakhir yang dimilikinya dan jaringan pemasaran yang kuat hingga segala penjuru Nusantara dan akan ikut mengefektifkan kampanye Wonderful Indonesia khususnya membantu pemulihan ekonomi pariwisata Indonesia.

Lebih lanjut, produk-produk Aice juga akan diekspor keluar negeri yang akan mempromosikan kuliner serta budaya tradisional Indonesia di luar negeri.

“Kerja sama multi-helix antara swasta, pemerintah dan banyak pihak menjadi kunci kesuksesan kita. Kami mendedikasikan Aice Mochi Klepon ini untuk penguatan citra kuliner, sokongan UMKM dan kreatif, dan menjadi dukungan Aice ke Wonderful Indonesia. Khususnya dalam penguatan wisata kuliner asli Indonesia,” jelas Sylvana Zhong, Juru Bicara sekaligus Brand Manager Aice Group.

Sylvana menambahkan, basis produksi Mochi Klepon yang menggunakan teknologi tinggi dari pabriknya. Menurutnya, kulit mochi yang kenyal dan aroma pandan yang mirip aslinya tersebut dihasilkan oleh inovasi produksi es krim yang canggih. Adonan kulit Mochi dengan proses produksi ditumbuk puluhan ribu kali untuk mendapatkan kulit mochi dengan tekstur dan kekenyalan yang sempurna Aice klepon dengan lelehan gula aren dibungkus dalam kulit mochi rasa pandan yang kenyal bertabur kelapa ini, menjadikannya sangat mirip dengan Kue Klepon asli. Baik dalam tekstur, rasa maupun aromanya.

“Saya dan juga semua anak bangsa tentu sudah tahu tentang kelezatan kue klepon. Kami berharap Aice Mochi Klepon ini akan menjadi pilihan utama penyuka es krim untuk cita rasa dan kelezatan yang ber-DNA asli Indonesia,” pungkas Sylvana.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version