GMV E-Commerce di Indonesia Tumbuh 91%

Shopee UMKM Kampus Ekspor

Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan venture building berbasis di Singapura, Momentum Works, dalam laporan terbarunya bertajuk ‘Momentum Works Blooming Ecommerce in Indonesia’ mencatat nilai transaksi bruto atau Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce di Indonesia tumbuh 91% pada tahun lalu.

Pasar e-commerce ini mayoritas dikuasai perusahaan asal Singapura Shopee. GMV e-commerce di Indonesia pada 2020 mencapai US$ 40,1 miliar atau Rp 573 triliun. Sedangkan, Shopee membukukan GMV pada 2020 sebesar US$ 14,2 miliar atau pangsa pasar 37%.

Posisi kedua diraih oleh e-commerce Tanah Air, Tokopedia, dengan pangsa pasar 35% dan GMV sebesar US$ 14 miliar. “Shopee dan Tokopedia memimpin, dengan kesenjangan yang semakin lebar ke tingkat berikutnya,” kata Jianggan Li CEO Momentum Works dalam laporan ‘Momentum Works Blooming Ecommerce in Indonesia’  baru-baru ini.

Posisi pasar terbesar ketiga ditempati Lazada dengan 11% pangsa pasar dan GMV US$ 4,5 miliar. Keempat Bukalapak dengan pangsa pasar 7% dan GMV US$ 3 miliar. Sisanya, beberapa pemain e-commerce lain seperti Blibli, JD.ID, atau lainnya.

Menurut Li, Shopee bisa memimpin pasar e-commerce di Indonesia karena menjalankan strategi penargetan pasar secara masal dan bergerak cepat. Selain GMV, Shopee juga mendominasi pasar di hampir semua provinsi. Shopee juga menyalip pasar yang sebelumnya dikuasai oleh e-commerce lainnya di beberapa daerah. Misalnya, pasar Lazada di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten dan Papua Barat kini dikuasai Shopee.

Untuk tingkat kunjungan situs per bulan pada 2020, Shopee juga memimpin dengan 391 juta kunjungan. Sedangkan, posisi kedua ditempati Lazada dengan 356 juta kunjungan. Ketiga Tokopedia dengan 104 juta kunjungan. Keempat, Bukalapak dengan 143 juta kunjungan.

Faktor lainnya, Shopee mempunyai keunggulan sebagai platform Internasional. Pembeli akan mendapatkan akses terhadap pilihan barang yang lebih banyak, seperti dari penjual di Tiongkok, Malaysia, Vietnam, dan negara lain.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version