GoBiz PLUS Dukung UMKM Berikan Solusi Pembayaran Nontunai

GoBiz PLUS Dukung UMKM Berikan Solusi Pembayaran Nontunai 1

Peluncuran GoBiz PLUS. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Gojek meluncurkan  solusi perangkat keras pertamanya, GoBiz PLUS. Berkolaborasi dengan PT Bank Central Asia, Tbk (BCA), GoBiz PLUS dirancang untuk mendukung digitalisasi UMKM dan menjadi perangkat teknologi pertama di Indonesia yang dapat menerima seluruh jenis pembayaran nontunai.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan, inovasi ini menjawab kebutuhan para pelaku usaha terhadap efisiensi dalam bertransaksi, serta sejalan dengan kebutuhan konsumen dan anjuran Pemerintah dalam meminimalisir kontak fisik langsung dengan opsi pembayaran digital, khususnya di masa pandemi COVID-19.

“Kami sadar, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Disini, Gojek memiliki peranan untuk mendukung teman-teman pelaku usaha agar terus memperoleh akses untuk go-digital, terlebih di masa pandemi ini dimana masyarakat semakin mengedepankan transaksi nontunai agar dapat meminimalisir kontak fisik langsung,” ungkap Andre pada peluncuran GoBiz PLUS secara online Selasa (15/12/2020).

Menurut dia, program ini berkolaborasi dengan BCA untuk mengembangkan inovasi teknologi pembayaran nontunai terlengkap di GoBiz PLUS. “Kerjasama ini membuat perangkat GoBiz PLUS ini berbeda dan memiliki kemampuan yang belum dimiliki perangkat lain di Indonesia, yaitu platform terbuka (open platform) yang memungkinkan penerimaan seluruh jenis pembayaran nontunai agar kegiatan transaksi lebih efisien,” kata Andre lagi.

Sementara Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Santoso Liem menuturkan, keselarasan visi BCA dan Gojek dalam mendukung kemajuan karya anak bangsa khususnya sektor UMKM, merupakan faktor yang melatarbelakangi inovasi GoBiz PLUS ini.

Untuk itu, menurutnya BCA mengimplementasikan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk memilih berbagai opsi pembayaran.

“Oleh karena itu, hadirnya kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong efisiensi pembayaran demi terwujudnya ekosistem nontunai dan cashless society,” ujar Santoso Liem.

Program ini mendapat apresiasi dari Syailendra, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan.

“Saya mengapresiasi Gojek dan BCA yang telah berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi untuk kemajuan UMKM melalui dukungan untuk operasional bisnis secara digital dan sistem pembayaran untuk semua di perangkat GoBiz PLUS ini. Peluncuran ini merupakan sebuah awal sinergi yang dapat memberi manfaat untuk meningkatkan daya saing UMKM, sekaligus mewujudkan pemenuhan target inklusi keuangan digital di Indonesia,” kata Syailendra.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version