Gojek Bantu 100 Ribu UMKM Adopsi Teknologi Selama Pandemi Covid-19

Kelas tatap muka Gojek Wirausaha diikuti UMKM binaan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) asal Kota Surabaya dan Jawa Timur. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Gojek telah membantu lebih dari 100 ribu UMKM untuk berkembang secara online selama masa pandemi Covid-19. Bahkan Gojek menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar UMKM mudah bermigrasi ke online platform untuk dapat mengembangkan bisnisnya.

“Di saat seperti ini, sangat penting bagi UMKM untuk memiliki kemampuan melakukan transformasi digitalisasi dan masuk ke bisnis online. Restoran, kafe, hingga toko kelontong kini tidak bisa hanya bergantung pada pelanggan yang datang ke lokasi,” kata Andre Soelistyo Co-CEO Gojek dalam keterangan resmi baru-baru ini.

Menurut Andre, membantu UMKM mengadopsi teknologi telah menjadi DNA Gojek sejak awal berdiri. Kemampuan ini semakin dibutuhkan untuk membantu UMKM di masa seperti ini.

“Kami berharap upaya mendorong UMKM masuk ke bisnis online dapat mendukung pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi di masa pandemi,” ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM yang merasakan manfaat berpindah ke online platform di tengah pandemi Covid-19 adalah Said Adhani Prima, pemilik Ganci Unyu Muslimah di Yogyakarta.

“Pandemi Covid-19 membuat berbelanja secara online menjadi hal yang normal bagi pelanggan kami. Para pelaku UMKM seperti saya, harus bisa memastikan produk-produk kami tersedia secara online,” kata Adhani.

Adhani menyebut pendapatannya meningkat sejak dia berpindah ke online platform dan tidak pernah mengira bahwa menjalankan usaha di online platform semudah ini.

Bersama Ganci Unyu Muslimah, Adhani merupakan bagian dari salah satu fokus Gojek yaitu area Kemitraan. Area lainnya yang juga termasuk dua area utama fokus Gojek adalah Ekosistem Terlengkap dan Terintegrasi.

Pada area Kemitraan ini, misalnya, Gojek saat ini telah berkolaborasi dengan berbagai institusi pemerintah antara lain Kementerian Pertanian (Kementan). Kolaborasi ini memungkinkan pedagang di Pasar Mitra Tani untuk menjangkau pelanggan lebih luas di platform Gojek.

Pada area Ekosistem Terlengkap dan Terintegrasi, Gojek memiliki sejumlah solusi dan perangkat guna membantu UMKM berpindah dan mengembangkan bisnis secara online, seperti layanan on-demand guna membantu UMKM menjangkau jutaan pelanggan, di antaranya GoFood, GoPay, dan GoSend.

Selain itu, berbagai inovasi guna mendorong bisnis UMKM, seperti GoBiz yang merupakan aplikasi multifungsi andal dan mudah digunakan untuk membantu UMKM dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara online. Lalu ada Selly, aplikasi yang memungkinkan UMKM lebih optimal meningkatkan penjualan dengan menyasar pelanggan potensial melalui media sosial dan layanan on-demand Gojek. Serta layanan Point of Sales (PoS) yang mendukung UMKM mengelola transaksi dan pembukuan secara sistematis.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version