youngster.id - Gojek meluncurkan wadah pelatihan khusus bertajuk Bengkel Belajar Mitra (BBM). Ini merupakan pengembangan keterampilan khusus mitra driver untuk memberikan pelayanan andal serta meningkatkan kesejahteraan mereka.
“Mitra driver merupakan garda depan pelayanan GOJEK sekaligus bagian penting dalam ekosistem. Dengan hadirnya BBM, mitra GOJEK kian terpapar dengan ragam pengembangan keterampilan, sehingga mereka terus memberikan layanan yang andal sekaligus naik kelas di saat yang bersamaan,” kata Monita Moerdani, VP Transport Marketing GOJEK dalam media briefing, Jumat (5/4/2019) di Jakarta.
Menurut dia, dengan mengangkat berbagai topik yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra GOJEK. Pada kegiatan BBM Gojek menghadirkan dua jenis pelatihan, yaitu Pengembangan Layanan Prima dan Pengembangan Kemampuan Diri. Keduanya bertujuan untuk memperkaya keterampilan mitra agar menjadi sumber daya yang semakin berkualitas.
Sejak Oktober 2018, GOJEK rutin melaksanakan BBM tiap bulannya dan menghasilkan kontribusi positif terhadap mitra dan konsumen. Ada lebih dari 1.000 mitra di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar yang bisa menambah kemampuan diri mereka sekaligus lebih banyak konsumen yang merasakan pelayanan prima dari mitra driver GOJEK.
Monita menjelaskan beberapa topik yang telah diangkat untuk Pengembangan Layanan Prima diharapkan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. “Kami telah melaksanakan Pelatihan Bahasa Inggris, P3K, dan Anti Kekerasan Seksual yang baru-baru ini kami selenggarakan. Dengan pelatihan ini, mitra tidak hanya makin andal dan sigap setiap saat, tapi mereka juga bisa jadi agen keselamatan dalam menolong sesama pengguna jalan bila terjadi kecelakaan,” jelasnya.
Dalam kegiatan ini Gojek menggandeng Siaga untuk pelatihan P3K dan Jouska untuk pelatihan pengelola keuangan.
“Kegiatan pembekalan ilmu dasar P3K ini menarik karena jutaan mitra driver yang telah tergabung dengan GOJEK sering menghabiskan waktunya di jalan. Harapannya, dengan pelatihan ini mitra driver memahami sisi praktis P3K sehingga dapat diterapkan oleh dirinya sambil memberikan pelayanan terbaik untuk orang lain di sekitarnya,” kata Ivan Muliadi, CEO SIAGA.
Selain pelatihan Pengembangan Layanan Prima, GOJEK juga menghadirkan pelatihan Pengembangan Kemampuan Diri di rangkaian BBM agar mitra semakin sejahtera. Topik yang dihadirkan antara lain Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Wirausaha.
“Inovasi GOJEK dalam memberikan akses kepada mitra drivernya terhadap pelatihan ini tak hanya bisa meningkatkan taraf hidup mereka, tetapi juga mengangkat kesejahteraan keluarganya. Seperti contohnya, para mitra yang dibekali pelatihan keuangan dalam BBM akan lebih mengerti cara mengatur keuangan sehingga lebih sejahtera,” kata Farah Dini Novita CO-CEO Jouska.
GOJEK berencana menghadirkan BBM di seluruh Indonesia secara bertahap dengan mengembangkan topik sehingga mampu menjawab tantangan yang dihadapi mitra dan konsumen. GOJEK juga mengundang para pakar pengetahuan untuk berkolaborasi dan bersama-sama memberikan dampak sosial yang lebih besar lagi ke mitra GOJEK di Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post