Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Gojek Luncurkan Aksi Antisipasi Kekerasan Terhadap Perempuan

8 Maret 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
Gojek Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver

Peluncuran program #AmanBersamaGojek. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berdasarkan data dari UN Women, ada 57% perempuan yang merasa cemas akan keamanan saat pandemi Covid-19. Peduli akan hal itu, perusahaan layanan on-demand Gojek meluncurkan dua aksi untuk mengantisipasi upaya kekerasan seksual terhadap perempuan.

Gojek membangun zona aman di Stasiun Sudirman, Stasiun MRT Lebak Bulus, dan Stasiun Bekasi. Gojek juga akan menambah zona aman di Bogor, Bandung, dan Surabaya mulai pertengahan Maret 2021. Tujuannya untuk menyediakan ruang yang ramah terhadap perempuan. Zona tersebut memanfaatkan ratusan shelter atau titik jemput Gojek.

“Bagi Gojek, keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama di dalam ekosistem kami, termasuk pengguna dan driver perempuan. Sejak awal beroperasi kami telah mempelopori inisiatif untuk meningkatkan standar keamanan layanan transportasi, termasuk dengan meluncurkan inisiatif #AmanBersamaGojek pada 2020,” kata Josefhine Chitra, Senior Manager Public Affairs Gojek dalam keterangannya baru-baru ini.

Gojek mengembangkan zona aman mengacu pada kajian bertajuk “After Dark: Encouraging Safe Transit for Women Travelling at Night” dari UN Women dan Pulse Lab Jakarta. Kajian itu menyebut bahwa perempuan mengalami kerentanan saat berpergian di malam hari,” ujarnya. Apalagi, berdasarkan data internal Gojek, 55% pengguna GoCar dan GoRide pada malam hari merupakan perempuan. Selain zona aman, Gojek mengadakan pelatihan call center dan unit darurat yang diberikan oleh UN Women.

Baca juga :   25 Tim Bersaing di Hackathon Makassar 2016

Selain dua aksi baru itu, Gojek sudah terlebih dahulu membekali kemampuan platformnya dengan teknologi yang memberikan perlindungan terhadap upaya kekerasan seksual.  Gojek misalnya mempunyai fitur verifikasi muka, penyamaran nomor telepon, bagikan perjalanan, hingga tombol darurat. Teknologi tersebut memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Head of Program UN Women Dwi Yuliati Faiz mengatakan, inisiatif itu diperlukan agar perempuan merasa aman ketika beraktivitas selama pandemi Covid-19. Hal ini berdasarkan riset dari UN Women pada 2020, ada 57% perempuan yang merasa stres dan cemas saat pandemi. Persentase kecemasan perempuan selama pandemi lebih tinggi dibandingkan laki-laki yang mencapai 48%.

Belum lagi, perempuan rentan terhadap tindakan kekerasan. Ada satu dari tiga perempuan di usia 15-64 yang mengalami kekerasan dalam hidupnya baik oleh pasangan maupun bukan pasangan. Pada 2019, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan kepada Komnas Perempuan hanya sebanyak 431.471.

Baca juga :   Gojek Bagikan Resep Sukses Bagi UMKM Kembangkan Usaha di 2021

 

STEVY WIDIA

Tags: Gojekkeamanan layanan transportasiUN Womenzona aman
Previous Post

Kemen PPPA dan Kalbe Gelar Program Pemberdayaan dan Apresiasi Untuk Perempuan Wirausaha

Next Post

Bikin Konten Epic ala Sutradara, Semua Bisa dengan Galaxy S21 Series 5G!

Related Posts

SheHacks Hadirkan Insiatif Baru untuk Pemberdayaan Perempuan Daerah
Headline

SheHacks Hadirkan Insiatif Baru untuk Pemberdayaan Perempuan Daerah

29 September 2025
0
GoRide
Headline

Ekosistem GoTo Berkontribusi Ciptakan Nilai Ekonomi Hingga Rp480,7 Triliun

19 Agustus 2025
0
Green SM x Gojek
Headline

Perluas Aksesibilitas Transportasi Ramah Lingkungan, Green SM dan Gojek Hadirkan Layanan GoGreen SM

13 Juni 2025
0
Load More
Next Post
Bikin Konten Epic ala Sutradara, Semua Bisa dengan Galaxy S21 Series 5G!

Bikin Konten Epic ala Sutradara, Semua Bisa dengan Galaxy S21 Series 5G!

Grab dan Good Doctor Sukses Capai Target 5.000 Vaksinasi Hanya dalam 5 Hari

Grab dan Good Doctor Sukses Capai Target 5.000 Vaksinasi Hanya dalam 5 Hari

Dukung Mahasiswa Kembangkan Bisnis UMKM Dengan Kreativitas dan Inovasi Baru

Dukung Mahasiswa Kembangkan Bisnis UMKM Dengan Kreativitas dan Inovasi Baru

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version