GoTix Hadirkan Inovasi Untuk Pengelola Wisata dan Atraksi Indonesia

Labuan Bajo

Labuan Bajo jadi salah satu destinasi wisata utama Indonesia. (Foto:ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Industri pariwisata sangat terpukul dengan pandemi Covid-19. Namun perlahan-lahan sejumlah pengelola destinasi wisata dan atraksi di Indonesia mulai bangkit. Tentu diharapkan mereka menerapkan standarisasi kebersihan ditengah adaptasi kebiasaan baru di ruang publik.

Untuk itu GoTix dan Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) memperkenalkan inovasi terkini, GoTix Super Partner, untuk mendorong penerapan standarisasi kebersihan oleh pengelola destinasi wisata dan atraksi.

Head of LOKET Tubagus Utama mengungkapkan, GoTix merupakan platform ticketing LOKET serta bagian dari ekosistem Gojek. GoTix hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan membeli beragam tiket event hiburan, termasuk destinasi wisata dan atraksi.

“Selama periode ini, protokol kesehatan dan kebersihan merupakan syarat dasar dalam menjalankan usaha yang melibatkan pengunjung. MASATA yang memiliki komitmen dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia merupakan mitra yang tepat bagi kami dalam merangkul para pengelola destinasi wisata dan atraksi Indonesia agar bahu-membahu menerapkan protokol kebersihan di lokasi, demi keamanan dan kenyamanan bersama,” kata Tubagus dalam keterangannya, Sabtu (29/8/2020).

Menurut dia, melalui GoTix Super Partner, destinasi wisata dan atraksi dipastikan akan memenuhi tiga syarat utama. Pertama GoTix mengaktifkan fitur manajemen kapasitas dan sistem yang mendukung alokasi pengaturan waktu bagi pengunjung agar tidak terjadi penumpukan pengunjung dalam sekali kunjungan. Sehingga jumlah pengunjung tidak lebih dari 50%

GoTix juga melakukan penilaian secara berkelanjutan terhadap kebersihan di destinasi wisata dan atraksi, termasuk survei setiap bulan ke destinasi wisata dan atraksi oleh MASATA untuk memastikan pelaksanaan standarisasi kebersihan.

Selain itu, GoTix dan MASATA mensosialisasikan kebiasaan baru yang harus diikuti oleh pengunjung. Dengan dukungan MASATA, program GoTix Super Partner juga akan mengedukasi standar-standar yang perlu diterapkan oleh pengelola destinasi wisata dan atraksi selama masa tatanan hidup baru.

Ketua Umum MASATA Panca R Sarungu menyatakan kerja sama ini adalah sebuah kolaborasi partisipatif antar perusahaan super app dengan gerakan pariwisata berbasis komunitas untuk ikut mendorong perekonomian namun tetap menjaga kenyamanan dan keamanan.

“Kami berharap sosialisasi tempat berwisata yang melibatkan banyak UMKM khususnya yang menerapkan protokol kesehatan dapat terinformasi dengan baik kepada masyarakat khususnya 125 juta pengguna Gojek di seluruh indonesia,” lanjut Panca.STEVY WIDIA

Exit mobile version