youngster.id - Pasca penggabungan Gojek dan Tokopedia pada tahun 2021, GoTo Financial lahir sebagai bisnis teknologi keuangan dari grup GoTo. Selain GoPay dan GoPayLater yang menjadi layanan pembayaran dan jasa keuangan di Indonesia, GoTo Financial juga tawarkan ragam solusi bisnis yang holistik untuk mitra usaha dari tiap skala bisnis, seperti GoBiz, GoBiz PLUS, Midtrans, Moka, GoStore, GoKasir, Selly, dan GoModal.
Head of Merchant Payment GoTo Financial Pratyush Prasanna mengatakan, konsumen dan pelaku usaha tidak hanya mengharapkan layanan pembayaran yang memproses pembayaran semata, tapi juga terintegrasi secara ekosistem dengan layanan bisnis lainnya.
“Di balik pembayaran di sisi konsumen yang cepat, mudah, dan aman, ada sebuah sistem pembayaran di sisi mitra usaha yang memastikan proses transaksi jual beli dapat berlangsung lancar. Sebagai payment gateway bagian dari GoTo Financial, Midtrans menyediakan layanan pembayaran digital untuk berbagai jenis pelaku usaha, mulai dari platform online ternama hingga pedagang kaki lima. Ini sejalan dengan komitmen GoTo Financial yang terus memantapkan langkah untuk membuka akses keuangan serta peluang bisnis bagi pengguna dan pelaku usaha dari berbagai lapisan masyarakat,” kata Pratyush dalam siaran pers, Jumat (23/9/2022).
Untuk itu, dia menekankan GoTo Financial berkomitmen dalam menyediakan layanan keuangan yang inklusif. Di sisi lain, GoPay sebagai dompet digital paling komprehensif telah berevolusi jauh dari hanya layanan pembayaran nontunai hingga kini menjadi platform manajemen keuangan yang fundamental bagi para pengguna, baik itu masyarakat umum maupun pengusaha.
Head of GoPay Global Partnership & Business Development GoTo Financial Vrutika Mody menambahkan, GoTo Financial melalui GoPay turut berperan dalam memperkenalkan masyarakat Indonesia ke sistem keuangan formal.
“Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, GoTo melalui GoTo Financial membantu masyarakat mendapatkan pengalaman terbaik dalam siklus pengelolaan uang, mulai dari melakukan perencanaan keuangan, mengelola pengeluaran, menabung hingga mendapatkan pendapatan. Peran krusial dalam mendorong terjadinya inklusi keuangan ini hanya dapat terjadi karena posisi GoPay yang terpercaya dan juga terdepan menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia, apapun profesi mereka, dan di manapun mereka berada,” katanya.
Vrutika menambahkan seiring peran fintech yang menjadi pelekat ekosistem GoTo, GoTo Financial terus hadir menjadi pelengkap keseharian masyarakat dan memungkinkan semua lapisan usaha di Indonesia, dari perusahaan besar hingga pedagang kaki lima serta penjual online di media sosial, untuk mengakses segudang layanan yang memudahkan mereka untuk mengelola dan mengembangkan bisnis.
Melekatnya GoTo Financial sebagai bagian dari keseharian masyarakat ini tercermin dari penggunaan GoPay dan solusi lainnya yang masif digunakan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari berbelanja, membayar tagihan, hingga investasi, berdonasi, dan banyak lainnya. GoPay juga menggunakan solusi non-teknologi untuk mendorong masyarakat lebih cakap mengelola keuangan dan menggunakan platform digital yang dapat membantu kebutuhan finansial dan bisnis mereka.
“Penetrasi GoPay dan layanan GoTo Financial lainnya juga terus meningkat seiring posisi GoTo sebagai satu-satunya ekosistem di regional Asia Tenggara yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, dan fintech. Posisi ini juga didukung oleh semangat kami untuk berkolaborasi dan bermitra dengan berbagai pihak baik secara hyperlocal, nasional hingga global,” kata Vrutika lagi.
Data GoTo pada Agustus 2022 menunjukkan tingkat penetrasi pengguna GoPay pada Q2 2022 mencapai titik tertingginya, dan 52% dari pengguna ekosistem memanfaatkan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran mereka di Tokopedia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post