Grab Sediakan 2.000 Layanan Transportasi Bagi Tenaga Medis

Doni Monardo Kepala BNPB RI menerima donasi dari Tokopedia, OVO dan Grab Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Grab menyediakan total 2.000 GrabCar dan GrabBike untuk tenaga medis di Indonesia, dalam rangka mengatasi pandemi corona. Program ini merupakan bagian dari kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan rumah sakit rujukan terkait Covid-19.

Dokter hingga suster bisa menggunakan fitur GrabNow untuk mengakses layanan transportasi ini. Selain itu, decacorn asal Singapura ini menyiapkan stasiun disinfektan di rumah sakit terpilih untuk memastikan sterilisasi kendaraan

“Armada Grab tersebut akan dikhususkan untuk mendukung mobilitas para tenaga medis yang berjuang melawan pandemi virus Covid-19” ungkap Neneng Goenadi Managing Director Grab Indonesia dalam keterangan pers, Jumat (3/4/2020).

Tenaga medis juga bisa mengakses layanan itu lewat fitur concierge atau pemesanan transportasi melalui situs web. Nantinya, akan dibantu oleh administrasi rumah sakit. Fitur itu juga dapat digunakan oleh para pasien yang membutuhkan mobilisasi dari atau ke rumah sakit. Hal ini untuk menjaga jarak secara fisik dengan orang lain (physical distancing). Pesaing Gojek itu juga memasuki tahap akhir perjanjian kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf). Hanya, Grab tidak memerinci kemitraan yang dimaksud.

Untuk memastikan GrabCar dan GrabBike yang disediakan aman, perusahaan menggunakan partisi plastik antara penumpang dan pengemudi. Lalu, mitra pengemudi dilengkapi dengan Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker dan sarung tangan. Selain itu, disediakan goggles, masker dan pelindung sepatu apabila situasi penyebaran virus semakin memburuk.

Grab juga membuka peluang penambahan armada khusus ini ke puluhan rumah sakit rujukan. Armada khusus itu juga akan diuji coba di beberapa rumah sakit rujukan di Jakarta. Dengan begitu, petugas medis bisa melakukan pengujian massal (rapid test) menggunakan layanan ini.

STEVY WIDIA

Exit mobile version