youngster.id - Guna memberdayakan para pelaku UMKM untuk agar dapat bersaing dengan usaha-usaha yang telah mapan, dalam hal menerapkan ekonomi digital, superapp Grab menyediakan aplikasi yang sederhana dan efisien bagi pemilik usaha: GarbAds.
GrabAds merupakan layanan yang memberikan peluang bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka kepada konsumen Grab selagi mereka membeli makanan, berbelanja, berkendara, dan bertransaksi untuk kebutuhan sehari-hari. Solusi periklanan GrabAds ini dapat diakses melalui aplikasi GrabMerchant.
Melinda Savitri, Country Head of Marketing Grab Indonesia mengatakan, GrabAds merupakan komitmen Grab untuk mendukung usaha kecil di Indonesia.
Usaha kecil di Indonesia dapat memanfaatkan GrabAds untuk meningkatkan penjualannya dengan menjalankan kampanye iklan berdurasi yang lebih lama dengan mengkombinasikan pencarian (Search) dan iklan gambar (Image Ads), menargetkan konsumen baru dan pelanggan setia, serta mempromosikan menu-menu spesial atau diskon.
“Kami sepenuh hati berkomitmen untuk memberikan dukungan dan menyediakan solusi teknologi yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM di masa depan,” kata Melinda, Jumat (14/7/2023).
Salah satu pelaku usaha yang sudah merasakan manfaat GrabAds adalah Asina dan Saipul, pemilik usaha Pempek Duo Putri. Pasangan suami-istri ini telah memanfaatkan layanan Grab untuk mengembangkan usaha mereka dari kuliner kaki lima menjadi restoran yang sukses.
Didirikan tahun 2013 di Depok, Jawa Barat, Pempek Duo Putri awalnya hanya berupa gerobak pinggir jalan. Pasangan suami-istri ini memulai usaha dengan menjajakan dagangan ke asrama, kos-kosan, dan rumah-rumah penduduk di daerah setempat.
Pascapandemi, untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas tanpa perlu menggunakan alat tambahan, Pempek Duo Putri beralih ke GrabAds. Ini memungkinkan Asina meningkatkan visibilitas restorannya dan terhubung dengan konsumen yang sedang mencari makanan dalam radius 5 km. Iklan yang ditargetkan ke konsumen ini berhasil meningkatkan penjualan secara signifikan, sehingga memperkuat daya saing mereka di kawasan sekitar.
“Seiring dengan perkembangan era digital ini, penting bagi usaha kecil seperti kami untuk mengikuti perubahan dan inovasi bisnis. Kami merasa Grab dan GrabAds mudah digunakan, apalagi ada di dalam satu aplikasi GrabMerchant. Kami yang awalnya gaptek pun jadi mudah paham,” ungkap Asina.
Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital bersama Grab, penjualan rata-rata mereka meningkat lebih dari 100% dibandingkan dengan sebelum pandemi. Dengan sukses yang terus berlanjut, mereka berhasil mengembangkan kegiatan operasional usaha kuliner mereka dan kini menawarkan berbagai hidangan spesial.
“Ke depannya, Grab akan terus membantu UMKM agar dapat cepat beradaptasi dengan ekonomi digital, serta memberikan solusi digital yang memungkinkan mereka untuk membangun kehadiran di ranah online, mengakses segmen konsumen baru, dan menyederhanakan proses operasional,” tutup Melinda.
HENNI S.
Discussion about this post