youngster.id - Layanan pengiriman makanan dari Grab yaitu GrabFood terus berkembang. Awalnya, layanan Grab ini baru melayani 30 kota saja, tapi kini sudah bertambah menjadi 139 kota.
Melihat perkembangannya yang terus meningkat, Grab pun menargetkan layanan pengiriman makanannya nomor satu di Indonesia. “Di 2019, GrabFood akan menjadi pemain layanan antar makanan nomor satu di Indonesia,” kata Ridzki Kramadibrata Managing Director Grab Indonesia baru-baru ini.
Menurut Ridzki, hal ini tidak lepas dari pertumbuhan jumlah kota yang sudah dilayani GrabFood. “Nantinya, GrabFood akan melayani seluruh kota di mana layanan transportasi kami hadir,” tuturnya menjelaskan. Jumlah pesanan dan merchant yang bergabung dengan layanan ini juga terus berkembang.
Ridzki menuturkan jumlah pemesanan melalui GrabFood kini sudah meningkat enam kali sejak awal tahun. Pertumbuhan juga terlihat dari jumlah merchant yang meningkat hingga delapan kali. “Layanan GrabFood juga sudah menjadi pilihan dari 48 persen konsumen,” ucap Ridzki lagi.
Lebih lanjut dia mengungkapkan, pertumbuhan GrabFood ini tidak lepas dari armada transportasi, termasuk teknologi yang dimiliki. “Jadi, kami akan terus meningkatkan layanan itu. Karenanya, dengan kami menjadi yang nomor satu di ride hailing, secepatnya layanan GrabFood juga akan cepat menjadi pilihan utama konsumen,” ujarnya.
Sebelumnya co-founder Grab Hooi Ling Tan mengungakpkan, Grab sudah mempersiapkan layanan baru yang akan hadir tahun depan. Setelah memulainya dari layanan transportasi, pengiriman makanan, dan logistik, perusahaan siap merambah travel dan kesehatan.
“Pada 2019 akan ada perubahan yang sangat besar di Grab, sebab kami akan meluncurkan layanan travel dan kesehatan online,” ucap Tan.
Kehadiran layanan itu tidak lepas dari kolaborasi yang sudah dilakukan Grab dengan perusahaan lain. Untuk travel, Grab sudah menjalin kerja sama dengan Booking Holdings dan Ping An Good Doctor untuk solusi kesehatan online.
Secara garis besar, kolaborasi dengan Booking Holdings–pemilik situs Booking.com dan Agoda–adalah memungkinkan pengguna Grab untuk memesan hotel dari aplikasi.
Sementara untuk solusi kesehatan yang ditawarkan bersama Ping An Good Doctor, Tan menyebut ada beberapa layanan yang dapat dihadirkan, seperti konsultasi medis, pengiriman obat, hingga janji bertemu dokter secara online. “Namun, untuk saat ini kami memang masih membicarakan seperti apa penerapannya,” tutur Tan.
STEVY WIDIA